Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kobe Bryant dalam Angka, Bukti Kuat Sang Legenda

Kompas.com - 27/01/2020, 13:40 WIB
Mochamad Sadheli ,
Nugyasa Laksamana

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Legenda NBA, Kobe Bryant, memang telah tiada. Tetapi, namanya akan tetap abadi dalam pusaran sejarah olahraga dunia.

Mengawali karier profesionalnya sejak 1996, Kobe Bryant bergabung dengan LA Lakers, klub yang dia idam-idamkan sejak kecil.

Kobe Bryant memiliki rasa loyalitas tinggi, maka tak heran jika dia menghabiskan kariernya hanya untuk satu tim, LA Lakers, selama berkiprah 20 tahun.

Dia gantung sepatu ketika menginjak usia 37 tahun, tepatnya pada tahun 2016 silam setelah merasakan juara NBA bersama LA Lakers sebanyak lima kali.

Selama 20 tahun itu pula, berbagai angka mempu dia cetak.

Baca juga: Gianna Maria Onore, Pengikut Jejak Kobe Bryant yang Justru Ikut Berpulang...

Berikut rangkuman Kobe Bryant dalam angka berdasarkan rangkuman Kompas.com:

1 - Kobe Bryant merengkuh satu kali dalam hidupnya gelar Most Valuable Player (MVP). Penghargaan ini diberikan kepada pemain dengan performa terbaik di musim reguler. Dia memenangkannya pada 2007-08.

Jumlah itu juga merupakan satu pengharggan Oscar. Bryant memenangkan penghargaan untuk film animasi pendek terbaik pada tahun 2016

Adapun film itu berjudul Dear Basketball, sebuah film berdurasi lima menit berdasarkan surat cinta kepada olahraga yang ditulisnya pada tahun 2015.

2 - Torehan angka sebagai MVP di partai Final NBA, tepatnya dua musim beruntun sejak 2008.

Angka dua juga merupakan jumlah medali emas yang dia peroleh di Olimpiade. Saat itu membantu timnas basket Amerika Serikat naik di podium utama pada tahun 2008 dan 2012.

Baca juga: Kenangan Kobe Bryant dengan Naomi Osaka dan Petenis Wanita Lainnya

Begitu juga dua nomor punggung selama berkarier 20 musim bersama LA Lakers, 8 dan 24.

4 - Kobe Bryant adalah pemegang rekor bermain di All Star Game MVP, yaitu sebanyak empat kali pada 2002, 2007, 2009, dan 2011.

Selain itu, posisi Kobe Bryant sebagai pemain dengan skor terbanyak di dunia. Dia baru saja tergeser dari posisi ketiga oleh LeBron James, 25 Januari 2020 kemarin.

5 - Capaian Bryant bukan hanya raupan poin pribadi. Bersama LA Lakers, mereka menjadi juara NBA sebanyak lima kali, yaitu pada 2000, 2001, 2002, 2009, dan 2010.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com