Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sheff United vs Man City, Alasan VAR Tak Meminta Penalti Gabriel Jesus Diulang

Kompas.com - 22/01/2020, 18:00 WIB
Firzie A. Idris

Penulis

KOMPAS.com - Kiper Sheffield United, Dean Henderson, menjadi pahlawan kala ia menahan penalti Gabriel Jesus di laga Liga Inggris kontra Sheffield United, Rabu (22/1/2020) dini hari WIB. Namun, sempat ada kontroversi seputar penalti tersebut.

Dean Henderson terbang ke sisi kanan untuk menyelamatkan tembakan 12 pas Gabriel Jesus pada babak pertama laga di Bramall Lane, Sheffield, tersebut.

Penyelamatan tersebut membuat para fans Sheffield United menyanyikan lagu "kiper nomor satu Inggris" seiring dengan makin terbukanya kesempatan sang penjaga gawang yang dipinjamkan dari Manchester United ini untuk bergabung dengan skuad Three Lions di Euro 2020.

Baca juga: Sheff United vs Man City, Serba-serbi Kembalinya Aymeric Laporte

Dean Henderson menyelamatkan empat dari delapan penalti terakhirnya di Liga Inggris.

Akan tetapi, para fan Manchester City sempat murka ketika melihat siaran ulang penalti tersebut.

Mereka menganggap bahwa penalti tersebut haruslah direview ulang oleh VAR setelah kaki Henderson terlihat keluar dari garis gawang sebelum tembakan dilakukan.

VAR memang turun tangan di Euro U21 dan Piala Dunia Wanita untuk memperhatikan kiper-kiper yang keluar dari sarangnya pada saat penalti dilakukan.

Akan tetapi, VAR bergeming pada laga Liga Inggris ini karena pelanggaran tersebut tak masuk dalam daftar insiden pertandignan yang bisa dilihat ulang oleh asisten wasit video tersebut.

Baca juga: Sheffield United Vs Man City, Guardiola Maklum Jesus Gagal Penalti

Tugas untuk mendeteksi pergerakan kiper di bawah mistar jatuh kepada para hakim garis dengan wasit utama juga memperhatikan.

"VAR hanya akan turun tangan dalam sebuah gol, kesalahan identitas pemain, atau potensi pelanggaran kartu merah. Karena insiden Henderson tidak masuk ke parameter tersebut dan hakim garis tak melihat pergerakan Henderson, maka permainan dilanjutkan," tulis Manchester Evening News

Walau Dean Henderson tampil heroik dengan melakukan beberapa penyelamatan lain, Sheffield United harus mengakui keunggulan 1-0 Manchester City pada laga tersebut. Gol tunggal laga datang dari Sergio Aguero pada babak kedua.

Musim ini adalah tahun kedua Dean Henderson memperkuat Sheffield United setelah dipinjamkan dari Manchester United.

Pada musim panas kemarin, ia memperpanjang kontrak bersama kubu Setan Merah hingga Juni 2022.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com