Sheff United vs Man City, Alasan VAR Tak Meminta Penalti Gabriel Jesus Diulang

Kompas.com - 22/01/2020, 18:00 WIB
Penyerang Manchester City, Gabriel Jesus, melepas tendangan penalti yang kemudian ditahan kiper Dean Henderson pada laga Liga Inggris kontra Sheffield United, 21 Januari 2020. AFP/OLI SCARFFPenyerang Manchester City, Gabriel Jesus, melepas tendangan penalti yang kemudian ditahan kiper Dean Henderson pada laga Liga Inggris kontra Sheffield United, 21 Januari 2020.

KOMPAS.com - Kiper Sheffield United, Dean Henderson, menjadi pahlawan kala ia menahan penalti Gabriel Jesus di laga Liga Inggris kontra Sheffield United, Rabu (22/1/2020) dini hari WIB. Namun, sempat ada kontroversi seputar penalti tersebut.

Dean Henderson terbang ke sisi kanan untuk menyelamatkan tembakan 12 pas Gabriel Jesus pada babak pertama laga di Bramall Lane, Sheffield, tersebut.

Penyelamatan tersebut membuat para fans Sheffield United menyanyikan lagu "kiper nomor satu Inggris" seiring dengan makin terbukanya kesempatan sang penjaga gawang yang dipinjamkan dari Manchester United ini untuk bergabung dengan skuad Three Lions di Euro 2020.

Baca juga: Sheff United vs Man City, Serba-serbi Kembalinya Aymeric Laporte

Dean Henderson menyelamatkan empat dari delapan penalti terakhirnya di Liga Inggris.

Akan tetapi, para fan Manchester City sempat murka ketika melihat siaran ulang penalti tersebut.

Mereka menganggap bahwa penalti tersebut haruslah direview ulang oleh VAR setelah kaki Henderson terlihat keluar dari garis gawang sebelum tembakan dilakukan.

VAR memang turun tangan di Euro U21 dan Piala Dunia Wanita untuk memperhatikan kiper-kiper yang keluar dari sarangnya pada saat penalti dilakukan.

Akan tetapi, VAR bergeming pada laga Liga Inggris ini karena pelanggaran tersebut tak masuk dalam daftar insiden pertandignan yang bisa dilihat ulang oleh asisten wasit video tersebut.

Baca juga: Sheffield United Vs Man City, Guardiola Maklum Jesus Gagal Penalti

Tugas untuk mendeteksi pergerakan kiper di bawah mistar jatuh kepada para hakim garis dengan wasit utama juga memperhatikan.

"VAR hanya akan turun tangan dalam sebuah gol, kesalahan identitas pemain, atau potensi pelanggaran kartu merah. Karena insiden Henderson tidak masuk ke parameter tersebut dan hakim garis tak melihat pergerakan Henderson, maka permainan dilanjutkan," tulis Manchester Evening News

Walau Dean Henderson tampil heroik dengan melakukan beberapa penyelamatan lain, Sheffield United harus mengakui keunggulan 1-0 Manchester City pada laga tersebut. Gol tunggal laga datang dari Sergio Aguero pada babak kedua.

Musim ini adalah tahun kedua Dean Henderson memperkuat Sheffield United setelah dipinjamkan dari Manchester United.

Pada musim panas kemarin, ia memperpanjang kontrak bersama kubu Setan Merah hingga Juni 2022.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X