Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Antisipasi Corona, Kemenpora Minta Perbasi Tunda Kualifikasi FIBA Asia 2021

Instruksi itu diberikan sebagai bentuk antisipasi terhadap penyebaran virus corona atau yang sekarang disebut Covid-19.

Sebelumnya, timnas basket putra Indonesia dijadwalkan menjamu timnas Korea Selatan dan Filipina dalam Kualifikasi FIBA Asia 2021.

Rencananya, kedua laga tersebut akan digelar di Mahaka Arena, Kelapa Gading, Jakarta Utara, pada 20 dan 23 Februari 2020 mendatang.

Namun, dengan beberapa pertimbangan dari Kementerian Kesehatan, Kemenpora meminta Perbasi untuk menunda pelaksanaan FIBA Asia Qualifiers di Indonesia.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Kompas.com dari Kemenpora, saat ini, di Korea Selatan dan Filipina telah dilaporkan adanya kasus Covid-19.

Meski tidak ada pernyataan travel warning dan travel ban dari dan ke kedua negara terkait, pemerintah Indonesia memutuskan untuk meningkatkan kewaspadaan, sesuai arahan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Hal tersebut mengingat risiko penularan masih sangat tinggi dan di Indonesia belum ditemukan kasus konfirmasi Covid-19.

Permintaan untuk menunda dua laga Kualifiasi FIBA Asia 2021 di Indonesia juga dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.

Sementara itu, selain Filipina dan Korea Selatan, timnas basket putra Indonesia juga berada satu grup dengan Thailand di Grup A Kualifikasi FIBA Asia 2021.

Pada gelaran IBL 2020, timnas Indonesia menggunakan nama Indonesia Patriots, yang saat ini sedang memimpin klasemen sementara dengan raihan 18 poin.

Indonesia Patriots telah membukukan delapan kemenangan dan dua kekalahan dari 10 laga.

https://www.kompas.com/sport/read/2020/02/15/155049667/antisipasi-corona-kemenpora-minta-perbasi-tunda-kualifikasi-fiba-asia-2021

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke