Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemasaran Sosial: Pengertian, Tujuan, dan Contoh

Kompas.com - 26/03/2024, 03:00 WIB
Fadila Rosyada Hariri,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemasaran sosial merupakan konsep yang berkembang pesat dalam dunia bisnis dan pelayanan masyarakat.

Konsep ini menggabungkan prinsip-prinsip pemasaran dengan tujuan sosial yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mempengaruhi perilaku individu.

Baca juga: Mengenal 7P dalam Komunikasi Pemasaran

Pengertian pemasaran sosial

Menurut Kotler dan Lee dalam bukunya Social Marketing: Influencing Behaviors for Good (2008), pemasaran sosial adalah penerapan konsep dan teknik pemasaran yang digunakan untuk mencapai tujuan sosial tertentu dalam suatu populasi target.

Pemasaran sosial dilakukan untuk memengaruhi khalayak sasaran agar secara sukarela menerima, menolak, memodifikasi, atau mengabaikan suatu perilaku demi kepentingan individu, kelompok, atau masyarakat secara keseluruhan.

Ini melibatkan penggunaan strategi pemasaran yang dirancang untuk memengaruhi perilaku individu atau masyarakat secara keseluruhan dalam konteks masalah sosial, seperti kesehatan masyarakat, lingkungan, pendidikan, dan lainnya.

Baca juga: Tujuan Strategi Pemasaran

Tujuan pemasaran sosial

Dalam bukunya, Kotler menjelaskan bahwa pemasaran sosial memiliki beberapa tujuan, yaitu agar audiens melakukan:

  • Menerima perilaku baru
  • Menolak perilaku yang mungkin tidak menguntungkan
  • Memodifikasi perilaku saat ini
  • Meninggalkan perilaku lama yang tidak menguntungkan
  • Melanjutkan perilaku yang menguntungkan
  • Mengubah suatu perilaku

Baca juga: Green Marketing: Pengertian, Manfaat, dan Contoh Penerapannya

Contoh pemasaran sosial

Berikut merupakan beberapa contoh kampanye pemasaran sosial yang telah dilakukan beberapa perusahaan:

  • Kampanye anti-rokok

Salah satu contoh pemasaran sosial yang terkenal adalah kampanye anti-rokok. Melalui kampanye ini, pemerintah dan organisasi kesehatan masyarakat berupaya meningkatkan kesadaran akan bahaya merokok dan merubah perilaku masyarakat untuk berhenti merokok atau tidak memulai kebiasaan merokok.

  • Program donasi darah

Program donasi darah adalah contoh lain dari pemasaran sosial di mana tujuannya adalah untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam kegiatan donor darah.

Melalui kampanye promosi dan edukasi, program ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya donor darah dan mendorong lebih banyak orang untuk berpartisipasi.

  • Kampanye pengurangan limbah plastik

Dalam upaya mengurangi polusi plastik, banyak organisasi lingkungan melakukan kampanye pemasaran sosial yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan masalah ini dan mendorong penggunaan alternatif ramah lingkungan serta pengurangan penggunaan plastik sekali pakai.

Baca juga: Apakah Pemasaran Langsung itu Efektif?

 

Artikel ini dibuat dengan bantuan artificial intelligence (AI). Dimohon untuk bijak memanfaatkan informasi. Jika Anda menemukan ada kesalahan informasi atau kesalahan konteks, silakan memberi tahu kami ke redaksikcm@kompas.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com