Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unsur-unsur Komunikasi Kesehatan dan Penjelasannya

Kompas.com - 23/03/2024, 10:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Komunikasi kesehatan adalah proses pengiriman dan penerimaan pesan tentang kesehatan, dari komunikator kepada komunikan.

Cakupan komunikasi kesehatan ini bersifat luas. Sebab, bisa terjadi di ranah interpersonal, publik, maupun massa.

Apa saja unsur komunikasi kesehatan?

Unsur komunikasi kesehatan

Menurut Marniati dalam buku Komunikasi Kesehatan Berbasis Terapeutik (2022), berikut pengertian unsur-unsur komunikasi kesehatan:

"Unsur komunikasi kesehatan adalah segala sesuatu yang dikomunikasikan oleh tenaga kesehatan kepada kliennya." 

 

Dikutip dari buku Komunikasi Kesehatan Era Digital (2023) karya Olih Solihin dan Ahmad Zakki, berikut unsur-unsur kesehatan:

  • Pesan 

Adalah unsur kesehatan yang paling penting. Karena pesan berisi informasi kesehatan yang disampaikan oleh tenaga kesehatan kepada klien.

Oleh karena itu, pesan harus jelas, akurat, dan mudah dipahami oleh semua pihak. Jangan memberi informasi yang bersifat ambigu bahkan menyesatkan.

  • Sumber 

Unsur-unsur komunikasi kesehatan lainnya adalah sumber. Unsur ini bisa berupa individu atau kelompok yang berperan dalam menyampaikan pesan komunikasi kesehatan.

Tentunya sumber harus bisa dipercaya, ahli, juga berpengalaman. Sumber juga harus memiliki tingkat kredibilitas yang cukup, agar klien percaya.

Baca juga: 7 Unsur Komunikasi beserta Penjelasannya

  • Media 

Merupakan alat yang digunakan dalam penyampaian pesan kesehatan. Media yang digunakan harus sesuai dan cocok dengan konteks serta khalayak yang dituju.

Beberapa contoh media yang dapat dipakai dalam penyampaian pesan kesehatan, antara lain media sosial, poster, video, serta brosur.

  • Penerima 

Kehadiran pesan, sumber, dan media, tidak akan berarti tanpa adanya penerima, yakni individu atau kelompok yang berperan sebagai penerima informasi.

Pada intinya, unsur kesehatan ini harus aktif dalam mendengar juga memahami semua pesan yang diterima.

  • Konteks 

Adalah situasi atau kondisi, di mana proses komunikasi terjadi. Konteks dapat memengaruhi proses penyampaian juga penerimaan pesan.

Baca juga: Ciri-ciri dan Unsur Komunikasi Terapeutik

Beberapa faktor yang memengaruhi konteks komunikasi kesehatan adalah budaya, bahasa, nilai, norma, serta kepercayaan.

  • Umpan balik 

Merupakan tanggapan atau respons dari penerima kepada sumber. Umpan balik membantu sumber untuk memperbaiki proses penyusunan juga penyampaian pesan.

Unsur kesehatan ini bisa bersifat negatif atau positif. Contoh umpan balik, yakni pertanyaan dan tanggapan klien.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com