Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Cuaca, Musim, dan Iklim yang Ada di Indonesia

Kompas.com - 20/03/2024, 07:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Cuaca, musim, dan iklim adalah tiga hal yang berbeda, tetapi saling berhubungan satu sama lain.

Indonesia memiliki cuaca, musim, dan iklimnya sendiri. Walau begitu, beberapa negara di Asia Tenggara juga memiliki cuaca, musim, dan iklim yang mirip dengan Indonesia.

Berikan contoh cuaca, musim, dan iklim yang ada di Indonesia! 

Salah satu contoh cuaca di Indonesia adalah cuaca berawan. Contoh musim di Indonesia, yakni musim kemarau. Sedangkan contoh iklim di Indonesia ialah iklim tropis.

Berikut penjelasan lebih lengkap soal contoh cuaca, musim, dan iklim di Indonesia:

Baca juga: Pengaruh Iklim dan Cuaca dalam Kehidupan Manusia

Contoh cuaca di Indonesia

Ilustrasi cuaca buruk di area pantai. Dok. Shutterstock/DeltaOFF Ilustrasi cuaca buruk di area pantai.

Menurut Budi Susilo dalam buku Mengenal Iklim dan Cuaca di Indonesia (2021), cuaca adalah keadaan udara pada saat tertentu di suatu wilayah dalam jangka waktu singkat.

Pengumuman soal kondisi cuaca terkini di Indonesia, biasanya diumumkan oleh BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika).

Contoh cuaca di Indonesia, yaitu cuaca panas dan cuaca berawan.

Selain itu, cuaca hujan, cuaca berangin, serta cuaca cerah juga termasuk contoh cuaca di Indonesia.

Contoh musim di Indonesia

Embung Klumpit di Kecamatan Ngariboyo yang mengalami kekeringan karena tidak ada pasokan air pada kemarau panjang. Ada 10 embung di Magetan yang kering dari 27 embung yang ada di Magetan yang airnya menyusut pada musim kemarau.KOMPAS.COM/SUKOCO Embung Klumpit di Kecamatan Ngariboyo yang mengalami kekeringan karena tidak ada pasokan air pada kemarau panjang. Ada 10 embung di Magetan yang kering dari 27 embung yang ada di Magetan yang airnya menyusut pada musim kemarau.

Musim adalah waktu tertentu yang berkaitan dengan kondisi iklim. Musim adalah jangka waktu satu tahun yang dibedakan menurut kondisi iklim secara khusus.

Baca juga: Penyebab Perubahan Musim dan Jenisnya di Indonesia

Dikutip dari buku Prediksi Curah Hujan (2023) oleh Umar Ghoni, musim kemarau adalah satu contoh musim di Indonesia.

Indonesia hanya memiliki dua musim, yakni musim kemarau dan musim hujan, yang disebabkan oleh kondisi iklim di Indonesia.

Jadi, contoh musim di Indonesia ialah musim kemarau dan musim hujan. Indonesia juga memiliki musim pancaroba, yakni peralihan musim kemarau ke hujan, dan sebaliknya.

Contoh iklim di Indonesia

Ilustrasi perbedaan cuaca dan iklim.iStockphoto/by-studio Ilustrasi perbedaan cuaca dan iklim.

Iklim adalah keadaan cuaca rata-rata dalam waktu satu tahun. Penyelidikan iklim memakan waktu lama, kisaran 25 hingga 30 tahun.

Baca juga: Iklim yang Ada di Benua Afrika

Contoh iklim di Indonesia adalah iklim tropis. Indonesia hanya memiliki satu iklim, di mana terdapat peredaran semu Matahari tahunan.

Maksudnya Indonesia menjadi wilayah yang selalu dilalui oleh pergeseran semu Matahari, dari garis balik utara ke selatan, maupun sebaliknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com