Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aturan Dasar dalam Menentukan Segmentasi Pasar untuk Bisnis

Kompas.com - 09/03/2024, 07:00 WIB
Fadila Rosyada Hariri,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.comSegmentasi pasar adalah pembagian pasar menjadi kelompok-kelompok yang lebih kecil yang memiliki karakteristik, kebutuhan, dan perilaku yang serupa.

Hal ini memungkinkan bisnis untuk menyesuaikan produk, harga, promosi, dan distribusi mereka sesuai dengan preferensi masing-masing segmen.

Tujuan dari segmentasi pasar yaitu untuk mengidentifikasi subkelompok dengan potensi laba atau pertumbuhan tertinggi.

Wawasan dari analisis segmen digunakan untuk mengidentifikasi peluang dan menginformasikan keputusan tentang harga, distribusi, dan pengembangan produk baru.

Maka dari itu, penting untuk sebuah bisnis dapat menentukan segmentasi pasar yang tepat agar selutuh keputusan yang dilakukan bisnis dapat mencapai tujuannya. 

Dilansir dari Investopedia, Daniel Yankelovich, seorang peneliti pasar dan ilmuwan sosial AS, mengusulkan beberapa aturan dasar segmentasi pasar untuk dapat menentukan segmentasi pasar yang tepat bagi bisnis.

Berikut merupakan penjelasannya:

Baca juga: Apa Itu Segmentasi Pasar: Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya

  • Kekuatan prediktif riwayat pembelian

Yankelovich mengusulkan bahwa pola pembelian masa lalu adalah prediktor perilaku pembelian masa depan yang jauh lebih baik daripada identitas dangkal apa pun dan data historis dapat digunakan untuk memprediksi hasil bisnis jangka panjang juga.

  • Segmentasi yang terlalu teknis mengasingkan manajemen senior

Ketika pemasaran menjadi lebih ilmiah dan lebih terspesialisasi, Yankelovich juga memperingatkan pemasar untuk mengingat bahwa segmen pasar yang diidentifikasi harus "masuk akal secara intuitif" kepada manajer senior yang merupakan pengambil keputusan akhir.

Jika pemasar gagal mengklarifikasi bagaimana segmen didefinisikan atau segmen tidak konsisten dengan pengalaman mendalam eksekutif senior di sektor ini, penelitian kemungkinan tidak akan pernah diterapkan.

Baca juga: Mengenal Segmenting, Targeting, dan Positioning (STP) dalam Pemasaran

  • Fitur produk lebih penting daripada identitas konsumen

Jangan biarkan ketergantungan yang berlebihan pada identitas konsumen mengalihkan strategi pemasaran dari mengkomunikasikan fitur produk yang paling penting bagi pelanggan yang ada dan potensial.

  • Segmentasi yang berbeda untuk tujuan yang berbeda

Bisnis seharusnya menggunakan strategi segmentasi yang berbeda tergantung pada tujuan tertentu yang ingin dicapai.

Setiap segmen pasar yang dibuat tidak selalu digunakan untuk tujuan yang sama. Sebaliknya, mereka dapat disesuaikan dengan strategi pemasaran yang berbeda sesuai dengan kebutuhan bisnis pada saat itu.

Baca juga: Manfaat Segmentasi Pasar

  • Segmentasi harus dinamis

Segmentasi harus menjadi bagian dari strategi berkelanjutan untuk menjawab pertanyaan bisnis yang mendesak saat muncul.

Tidak hanya kebutuhan, sikap, dan perilaku konsumen dapat berubah dengan cepat, mereka juga terus-menerus dirubah oleh faktor-faktor eksternal seperti kondisi pasar yang berkembang, tren yang muncul, dan teknologi baru.

Segmentasi terbaik hanya berfokus pada satu atau dua masalah dan kemudian "digambar ulang segera setelah mereka kehilangan relevansinya."

 

Artikel ini dibuat dengan bantuan artificial intelligence (AI). Dimohon untuk bijak memanfaatkan informasi. Jika Anda menemukan ada kesalahan informasi atau kesalahan konteks, silakan memberi tahu kami ke redaksikcm@kompas.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com