Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Filsafat Komunikasi dan Manfaat Mempelajarinya

Kompas.com - 04/11/2023, 05:30 WIB
Rahma Atillah,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Filsafat komunikasi adalah ilmu yang mengkaji setiap aspek dari komunikasi dengan menggunakan pendekatan dan metode filsafat, sehingga didapatkan penjelasan yang mendasar, utuh, dan sistematis terkait komunikasi. 

Baca juga: Intensitas Komunikasi: Pengertian, Aspek, dan Taraf

Filsafat komunikasi menitikberatkan pada hal-hal yang abstrak dan filosofis seperti makna, realitas, dan makna dalam komunikasi antar manusia.

Filsafat komunikasi mempelajari tentang bagaimana manusia berkomunikasi satu sama lain dan bagaimana hal ini mempengaruhi hubungan dan interaksi sosial mereka.

Selain itu, dalam filsafat komunikasi juga mencakup tentang etika dan moral dalam berkomunikasi, sehingga dapat memastikan bahwa informasi yang diterima dalam sebuah komunikasi dapat dijamin kebenarannya.

Manfaat mempelajari filsafat komunikasi

Filsafat komunikasi diterapkan untuk mencapai komunikasi yang efektif didasari sistem nilai yang mencakup pandangan kultural serta nilai-nilai yang memengaruhi proses komunikasi dalam menciptakan kehidupan harmoni.

Adapun manfaat dari mempelajari filsafat komunikasi antara lain:

  • Pemahaman yang lebih dalam tentang konsep komunikasi

Mempelajari filsafat komunikasi  dapat membantu memperkuat  pemahaman tentang konsep komunikasi, termasuk proses, isu-isu, dan metodologi yang terkait dengan komunikasi.

Selain itu, filsafat komunikasi juga memberikan landasan yang kokoh dan kuat tentang suatu gejala (komunikasi) sehingga ada pemahaman yang mendalam mengenai gejala komunikasi tersebut.

Baca juga: Hambatan-hambatan dalam Komunikasi Antarbudaya

  • Kemampuan berpikir kritis

Melalui pembelajaran filsafat komunikasi maka akan membantu mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan analitis.

Hal Ini membantu seseorang memahami dan mempertanyakan asumsi-asumsi yang mendasar tentang komunikasi dan membantu menemukan solusi untuk masalah-masalah yang terkait dengan komunikasi .

Dengan mempelajari filsafat komunikasi maka dapat membuat kita berfikir logis dan abstrak, serta membentuk argumen secara rasional dan kritis.

  • Kemampuan komunikasi yang lebih baik

Pembelajaran filsafat komunikasi dapat membantu meningkatkan kemampuan komunikasi seseorang, baik secara lisan maupun tulisan.

Maka hal ini dapat membantu seseorang memahami bagaimana menyampaikan pesan yang efektif dan memahami bagaimana pesan diterima oleh orang lain.

  • Kemampuan memahami isu-isu moral dan etis

Mempelajari filsafat komunikasi dapat membantu memahami isu-isu moral dan etis yang terkait dengan komunikasi, seperti kebohongan, privasi, dan hak asasi manusia.

Hal ini tentu dapat membantu seseorang membuat keputusan yang tepat dan bertanggungjawab dalam situasi komunikasi yang sulit.

Baca juga: Intensitas Komunikasi: Pengertian, Aspek, dan Taraf

  • Kemampuan memahami perbedaan budaya

Pembelajaran filsafat komunikasi membantu memahami bagaimana budaya memengaruhi komunikasi dan membantu seseorang memahami bagaimana mengatasi masalah komunikasi yang terkait dengan perbedaan budaya.

  • Kemampuan memilah informasi

Mempelajari filsafat komunikasi dapat membuat seseorang mencari sebuah kebenaran dari setiap fenomena atau kejadian yang terjadi di sekitar.

Hal tersebut mendorong seseorang melakukan komunikasi atau menginformasikan sebuah informasi secara baik dan benar, agar meminimalisir terjadinya misinformasi

Baca juga: 4 Fungsi Bahasa sebagai Alat Komunikasi

 

Referensi:

  • Dani Vardiansyah dan Erna Febriani. 2018. Filsafat Ilmu Komunikasi: Pengantar Ontologi, Epistemologi, Aksiologi. Jakarta: Penerbit Indeks Jakarta.
  • Kusumasanthi D., Wiguna Ida, Puspawati S. 2022. Eksistensi Filsafat Komunikasi di Era Digital. Samvada, Vol. 2, No. 1. 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com