Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intensitas Komunikasi: Pengertian, Aspek, dan Taraf

Kompas.com - 11/08/2023, 13:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Rina Kastori, Guru SMP Negeri 7 Muaro Jambi, Provinsi Jambi 

 

KOMPAS.com - Intensitas komunikasi merupakan istilah atau terminology yang disarikan dari Social Penetration Theory atau Teori Penetrasi Sosial. 

Dilansir dari buku The Interpersonal Communication Book (2009) oleh Joseph A Devito, teori ini menjelaskan bahwa diri individu terdiri dari sejumlah lapisan seperti pengalaman, pengetahuan, ide, sikap, pemikiran dan tingkah laku.

Sementara itu, definisi intensitas komunikasi adalah tingkat kedalaman dan keluasan pesan yang muncul dalam aktivitas komunikasi yang dilakukan antar individu. 

Intensitas komunikasi berlangsung antara sekurang-kurangnya dua pihak yang berinteraksi. Dua pihak yang intens berkomunikasi di sekitar sekolah adalah antara individu yang satu dengan yang lain. 

Sehingga yang dimaksud dengan intensitas komunikasi antara individu yang satu dengan individu yang lain adalah frekuensi usaha yang dilakukan individu dalam berkomunikasi dengan individu yang lain baik dalam bentuk penyampaian informasi, sinyal, atau pesan individu kepada individu yang lain dengan konsekuensi umpan balik yang diterima secara langsung. 

Maka terjadi hubungan timbal balik atau komunikasi dua arah antara kedua individu tersebut.

Baca juga: Hambatan-hambatan dalam Komunikasi Antarbudaya

Aspek-aspek intensitas komunikasi

Untuk dapat mengukur intensitas komunikasi antarindividu dapat ditinjau dari enam aspek, sebagai berikut: 

  • Frekuensi berkomunikasi

Frekuensi berkomunikasi terkait dengan tingkat keseringan seseorang dalam melakukan aktivitas komunikasi.

  • Durasi yang digunakan untuk berkomunikasi

Durasi yang digunakan untuk berkomunikasi merujuk pada lamanya waktu yang digunakan pada saat melakukan aktivitas komunikasi.

  • Perhatian yang diberikan saat berkomunikasi

Perhatian yang diberikan saat berkomunikasi diartikan sebagai fokus yang dicurahkan oleh partisipan komunikasi pada saat berkomunikasi.

  • Keteraturan dalam berkomunikasi

Keteraturan dalam berkomunikasi menunjukkan kesamaan sejumlah aktivitas komunikasi yang dilakukan secara rutin dan teratur.

  • Tingkat keluasan pesan saat berkomunikasi dan jumlah orang yang diajak berkomunikasi

Tingkat keluasan pesan saat berkomunikasi mempunyai arti ragam topik maupun pesan yang dibicarakan pada saat berkomunikasi dan jumlah orang yang diajak berkomunikasi berkaitan dengan kuantitas atau banyaknya orang yang diajak untuk berkomunikasi pada saat melakukan aktivitas komunikasi.

  • Tingkat kedalaman pesan saat berkomunikasi

Tingkat kedalaman pesan saat berkomunikasi merujuk pada pertukaran pesan secara lebih detail yang ditandai dengan kejujuran, keterbukaan dan sikap saling percaya antar partisipan pada saat berkomunikasi 

Baca juga: Pesan yang Dibawa Teknologi Komunikasi

Taraf-taraf intensitas komunikasi 

Suatu aktivitas dan proses komunikasi dapat dikatakan mempunyai intensitas yang mendalam apabila komunikasi tersebut berada pada taraf pertama yaitu hubungan puncak yang merupakan taraf tertinggi dari lima taraf komunikasi yang dilakukan antar pribadi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com