Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Senyawa Organik yang Mengandung Nitrogen

Kompas.com - 12/08/2023, 15:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.comNitrogen adalah salah satu unsur penting bagi kehidupan bumi. Ada banyak senyawa organik yang mengandung nitrogen. Senyawa organik yang mengandung nitrogen adalah amina, amida, nitrosamin, nitrobenzene, dan alkil nitrat.

Amina

Amina adalah senyawa organik yang mengandung satu atau lebih ato nitrogen.

Dilansir dari Lumen Learning, amina menyerupai amonia karena nitrogennya mengikat tiga hidrogen, tetapi memiliki sifat tambahan karena koektivitas karbonnya.

Amina memiliki bau tidak sedap seperti bau amis. Contoh senyawa organik amina adalah metilamina, dimetilamina, dan trimetil amina.

Baca juga: Ciri-ciri Senyawa Organik

Amida

Senyawa organik yang mengandung nitrogen selanjutnya adalah amida. Amida adalah senyaw ayang dibentuk dari reaksi kondensasi amina dan asam karboksilat.

Dilansir dari Chemistry LibreTexts, karakteristik utama amida adalah memiliki atom nitrogen yang terikat pada atom karbon karbonil.

Contoh senyawa amida adalah nilon, parasetamol, dan dimetilformaldehida.

Baca juga: Contoh Senyawa Organik dan Anorganik

Nitrobenzena

Senyawa organik yang mengandung nitrogen selanjutnya adalah nitrobenzena.

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, nitrobenzena adalah senyawa aromatic yang memiliki rumus molekul C6H5NO.

Nitrobenzena berupa cairan kuning berminyak yang hanya hanya sedikit larut dalam air dan memiliki aroma seperti kacang badam.

Baca juga: Benzena: Pengertian, Penggunaan, dan Turunannya

Nitrosamin

Nitrosamin adalah senyawa organik yang mengandung nitrogen dan gugus alkil. Nitrosamin dibuat dari asam nitrat dan amina sekunder.

Nitrosamin bersifat racun dan dapat merusak DNA serta membuatnya tidak stabil.

Alkil nitrat

Senyawa yang mengandung nitrogen selanjutnya adalah alkil nitrat. Alkil nitrat adalah senyawa yang dibuat dari asam nitrat dan natrium nitrit.

Dilansir dari Chemistry World, alkil nitrat adalah obat yang dapat menyebabkan otot polos menjadi rileks dan pembuluh darah melebar.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com