Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Faktor-faktor yang Memengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

Kompas.com - 12/10/2022, 11:30 WIB
Silmi Nurul Utami

Editor

Oleh: Ani Rachman, Guru SDN No.111/IX Muhajirin, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.comPertumbuhan dan perkembangan tumbuhan dipengaruhi oleh berbagai faktor. Faktor-faktor tersebut dapat dibedakan menjadi dua, yaitu faktor dalam (internal) dan faktor luar (eksternal).

Faktor internal 

Faktor internal yang memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan adalah gen dan hormon. Dengan penjelasan sebagai berikut: 

Gen

Gen merupakan ruas DNA yang terdapat di dalam kromosom pada inti sel. Gen berfungsi sebagai pembawa sifat keturunan dan sebagai pengatur pola pertumbuhan. Gen inilah yang menyebabkan perbedaan pertumbuhan antara satu tumbuhan dengan tumbuhan yang.

Hormon

Hormon adalah zat yang membantu hormon-hormon yang memengaruhi pertumbuhan, yaitu auksin, sitokinin, giberelin, asam absisat (ABBA), dan etilen.

Baca juga: Pertumbuhan dan Perkembangan pada Tumbuhan

Faktor eksternal

Air dan mineral merupakan salah satu faktor yang penting dalam pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Fungsi air adalah sebagai zat pengatur, pengikat enzim, dan berperan dalam fotosintesis.

Selain itu, air juga berfungsi dalam proses perkecambahan, yaitu untuk melunakan kulit biji dan berperan dalam reaksi yang terjadi di dalam biji. 

Beberapa mineral, seperti karbon, kalsium, nitrogen, sulfur, kalium, magnesium, dan fosfor diperlukan dalam proses pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.

Mineral tersebut diperoleh oleh tumbuhan dari dalam tanah yang diserap oleh akar dalam bentuk ion yang terlarut dalam air.

Kekurangan salah satu unsur mineral dapat menyebabkan gangguan dalam proses pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.

Baca juga: 9 Unsur Makronutrien pada Tumbuhan beserta Kegunaannya

Selain air dan mineral, faktor eksternal yang juga memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan adalah: 

  • Cahaya Matahari

Cahaya matahari sangat dibutuhkan tumbuhan untuk proses fotosintesis. Tanpa cahaya matahari, tumbuhan tidak dapat menghasilkan makanan.

Namun, cahaya matahari ternyata tidak memengaruhi proses fotosintesis saja. Fotosintesis juga mempengaruhi gerak tumbuhan.

  • Suhu

Setiap tumbuhan memerlukan suhu yang berbeda untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Suhu terlalu tinggi atau rendah dapat menyebabkan kematian pada tumbuhan.

Hal ini disebabkan suhu memengaruhi fisik atau pun kimia dalam tubuh tumbuhan.

Baca juga: Fungsi dan Sifat Air yang Dapat Dimanfaatkan oleh Tumbuhan

  • Kelembaban

Tanah dan udara yang lembap umumnya berpengaruh baik terhadap pertumbuhan tanaman.

Selain itu, agar dapat berkecambah, memerlukan kelembaban tertentu. Kondisi yang lembap juga mendukung pemanjangan sel-sel tumbuhan.

 

Suka baca tulisan-tulisan seperti ini? Bantu kami meningkatkan kualitas dengan mengisi survei Manfaat Kolom Skola

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com