Kompas.com - 19/08/2022, 11:00 WIB

Oleh: Tiara Suci Apriliani, Guru SDN Kudaile 05, Slawi, Kabupaten Tegal

 

KOMPAS.comASEAN merupakan bentuk kerja sama regional antarnegara di kawasan Asia Tenggara. Negara tersebut memiliki potensi alam yang hampir sama.

Kawasan Asia Tenggara terletak di jalur perdagangan dunia. Kondisinya yang strategis menyebabkan negara-negara Asia Tenggara memiliki sumber daya yang melimpah.

Berikut potensi ekonomi negara-negara di Asia Tenggara:

Indonesia

Merupakan negara kepulauan terbesar di Asia Tenggara. Kondisi ini menjadikan Indonesia sebagai negara yang kaya akan sumber daya alamnya, baik di daratan maupun lautan.

Indonesia juga dikenal sebagai negara agraris karena mayoritas penduduknya bekerja sebagai petani. Hasil pertanian Indonesia, antara lain padi, jagung, tebu, teh, kelapa sawit, kopi, tembakau, cengkeh, karet, buah-buahan, dan sayur-sayuran.

Indonesia juga memiliki hasil tambang, berupa minyak bumi, emas, batu bara, nikel, perak, besi, belerang, mangan, timah, dan aluminium.

Baca juga: Daftar 10 Negara Anggota ASEAN beserta Ibu Kotanya

Keindahan alam Indonesia juga memiliki daya tari tersendiri. Banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Indonesia dapat menjadi sumber devisa, dan menambah lapangan pekerjaan bagi penduduk dalam negeri.

Malaysia

Kegiatan ekonomi utama penduduk Malaysia adalah pertanian. Hasilnya, antara lain padi, teh, tebu, kakao, kelapa sawit, karet, dan buah-buahan. Karet menjadi komoditas ekspor utama Malaysia.

Selain pertanian, kegiatan ekonomi lainnya, yaitu industri, pertambangan, dan kehutanan. Contoh hasil tambangnya adalah gas alam, bijih besi, timah, bauksit, tembaga, serta emas. Malaysia merupakan negara penghasil timah terbesar di dunia.

Halaman:
Baca tentang

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.