Kompas.com - 16/08/2022, 18:00 WIB

Oleh: Ani Rachman, Guru SDN No.111/IX Muhajirin, Muaro Jambi, Provinsi Jambi 

 

KOMPAS.com - Transportasi masa kini telah menunjukkan kemajuan yang pesat baik transportasi darat, air, dan udara. Sarana dan prasarana transportasi semakin lengkap dan baik.

Modernisasi dapat diartikan sebagai proses berubahnya sistem kehidupan masyarakat dari kehidupan tradisional menuju ke arah kehidupan modern. Modernisasi terjadi di semua bidang yang ditujukan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Salah satunya modernisasi di bidang transportasi darat. 

Transportasi darat adalah segala bentuk transportasi yang ditujukan untuk memudahkan mobilisasi di darat dan berguna untuk mengangkut dan memindahkan penumpang atau pun barang.

Seiring kemajuan zaman transportasi darat juga mengalami kemajuan. Kendaraan tradisional mulai tergantikan akibat dari perkembangan teknologi transportasi.

Tranportasi yang dahulunya menggunakan tenaga hewan, kini digantikan dengan berbagai mesin canggih, mulai dari sepeda kayuh, sepeda motor, mobil hingga kereta api.

Baca juga: Teori Modernisasi: Pengertian, Sejarah, Asumsi, dan Dampaknya

Modernisasi transportasi memudahkan masyarakat dalam menempuh perjalanan dengan waktu singkat. Selain itu, modernisasi transportasi juga meningkatkan interaksi lingkungan alam dan sosial.

Meski mengalami perkembangan yang pesat, modernisasi di bidang transportasi darat tetap memberikan dampak positif maupun negatif baik bagi manusia atau lingkungan sekitar. Berikut penjelasannya:

Dampak modernisasi transportasi bagi manusia

Ada dampak positif dan negatif modernisasi transportasi bagi manusia, yaitu:

Dampak positif bagi manusia

Beberapa dampak positif modernisasi transportasi darat bagi manusia adalah:

Halaman:
Baca tentang

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.