Kompas.com - 16/08/2022, 17:30 WIB

KOMPAS.com- Kontaktor atau disebut juga relay kontak adalah perangkat listrik yang berfungsi sebagai penyambung dan pemutus arus listrik bolak-balik. Biasanya kontaktor digunakan pada sistem listrik 3 fasa dan untuk menjalankan motor listrik.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut penjelasan dari kontaktor.

Prinsip Kerja Kontaktor

Dikutip dari buku Motor Listrik (2017) oleh Faikul Umam, prinsip kerja dari kontraktor sama seperti relay.

Dalam kontaktor terdapat beberapa saklar yang dikendalikan secara elektromagnetik. Terdapat beberapa saklar dengan jenis NO (Normaly Open) dan NC (Normaly Close) dan sebuah kumparan.

Baca juga: Kapasitor: Pengertian, Prinsip Kerja, Jenis dan Fungsi

Kontaktor akan berfungsi jika dialiri listrik pada kumparan tembaganya (coil). Ketika coil elektromagnetik kontaktor diberikan sumber tegangan listrik AC maka saklar kontaktor akan terhubung atau berubah kondisinya yang semula OFF menjadi ON dan sebaliknya yang awalnya ON menjadi OFF.

Fungsi Kontaktor

Berikut beberapa fungsi kontaktor antara lain.

  • Kontrol komponen secara otomatis
  • Kontrol pencahayaan (penghubung dan pemutus arus ke komponen pencahayaan)
  • Sebagai sakelar transfer dan interlock (transfer switch)
  • Untuk menghubungkan dan memutus daya listrik ke motor

Bagian-bagian kontaktor  

Bagian-bagian kontaktorBuku Dasar Instalasi Tenaga Listrik (2020) oleh Lauhil Mahfudz Hayusman Bagian-bagian kontaktor

Dilansir dari buku Dasar Instalasi Tenaga Listrik (2020) oleh Lauhil Mahfudz Hayusman, secara umum bagian kontaktor terbagi menjadi tiga macam, yaitu koil, kontak utama, dan kontak bantu. 

Baca juga: Perbedaan Listrik Arus Kuat dan Listrik Arus Lemah

Berikut penjelasannya: 

  • Koil 

Koil A1 dan A2 pada kontaktor digunakan untuk menggerakan atau mengubah kndisi kontak semula NO menjadi NC atau sebagliknya yang dihubungkan dengan sumber 220 Volt yang dikendalikan melalui push button start atau stop. 

  • Kontak utama 

Kontak utama NO pada sisi atas digunakan sebagai input dari sumber 3 fasa dengan kode

Sedangkan pada bagian bawah digunakan sebagai output atau input menuju ke beban (load) dengan kode .

  • Kontak bantu 

Kontak bantu pada kontaktor memiliki dua kondisi yaitu kontak bantu normally open (NO) dengan kode 13 dan 14 yang berfungsi sebagai kontak pengunci yang bertujuan untuk mengunci kontaktor agar terus bekerja walau perintah bekerja (push button start) sudah dilepas. 

Kontak bantu normally close (NC) dengan kode 21 dan 22 dapat dihubungkan ke lampu indikator (pilot lamp) sebagai penanda sistem sudah daiktifkan (MCB ON) namun belum dijalankan (Push Button Start). 

Baca juga: Resistor: Pengertian, Fungsi, Rumus, dan Jenisnya

Jenis Kontaktor

Jenis Kontaktor Keterangan
Kontaktor 1 phasa Kontaktor yang digunakan untuk mengontrol arus listrik bolak-balik 1 phase dan memiliki minimal 2 saklar utama
Kontaktor 3 phasa Kontaktor yang digunakan untuk mengontrol arus bolak-balik 3 phase dan memiliki minimal 3 saklar utama

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.