Kompas.com - 16/08/2022, 13:00 WIB

Oleh: Ani Rachman, Guru SDN No.111/IX Muhajirin, Muaro Jambi, Provinsi Jambi 

 

KOMPAS.com - Saat kita sedang memandang langit malam yang cerah, tiba-tiba terlihat ada bintang jatuh dari langit. Benarkah itu bintang jatuh? 

Selama ini bintang jatuh hanyakan ungkapan. Sesuatu yang dilihat sebagai bintang jatuh sebenarnya sebuah meteor. 

Bintang jatuh merupakan benda langit atau partikel luar angkasa yang memasuki atmosfer Bumi. Benda sukuran butir pasir atau bola basket akan nampak sepeti bintang jauh dari kejauhan. 

Saat potongan debu dan batu yang ada di angkasa (meteoroid) masuk mendekati atmosfer Bumi, mereka akan terbakar karena gesekan benda angkasa dengan atmosfer. Meteoroid yang terbakar di langit disebut meteor dan ketika menabrak Bumi disebut meteorit. 

Baca juga: Proses Terjadinya Meteor

Umumnya material angkasa tersebut akan terbakar habis, yang nampak hanyalah kilatan cahaya terbakar pada atmosfer Bumi. 

Sementara untuk material yang berukuran besar, partikel tersebut bisa meninggalkan jejak di Bumi berupa kawah atau kubangan. Namun, hal ini masih sangat jarang terjadi. 

Fenomena bintang jatuh

Terjadinya bintang jatuh akan nampak sangat jelas, khususnya pada malam hari. Hal ini karena terdapat cahaya dari pembakaran tersebut. 

Dalam proses terjadinya bintang jatuh atau meteoroid yang terbakar atmosfer ini, akan menyebabkan kilat cahaya yang meluncur begitu cepat. 

Selanjutnya apabila kita amati dari Bumi langsung, cahaya yang meluncur tersebut tampak seperti bintang. Fenomena tersebut populer dengan sebutan fenomena bintang jatuh.

Baca juga: Perbedaan antara Meteoroid, Meteor, dan Meteorit

Halaman:
Baca tentang

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.