Kompas.com - 16/08/2022, 14:00 WIB

Oleh: Ani Rachman, Guru SDN No.111/IX Muhajirin, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Mendengar nama Galileo Galilei pasti sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Ia adalah seorang ilmuwan asal Italia. 

Meski teori Galileo banyak menimbulkan kontroversi, ia dapat membuktikan dan mempertanggungjawabkan peneuannya berdasarkan fakta dan logika. 

Galileo Galilei dilahirkan di Pisa, Toscana pada tanggal 15 Februari 1564 sebagai anak pertama dari Vincenzo Galilei, seorang matematikawan dan musisi asal Florence, dan Giulia Ammannati. 

Galileo Galilei mempunyai istri yang bernama Marina Gamba, Dia Juga dikaruniai tiga orang anak yang bernama Maria Celeste, Vincenzo Gamba, dan  Livia Galilei.

Baca juga: Biografi Alexander Graham Bell, Penemu Telepon

Kisah hidup Galileo Galilei 

Galileo sudah menerima pendidikan sejak masa kecil. Kemudian ayahnya menyuruh Galileo melanjutkan pendidikannya di Universitas Pisa untuk mengambil kedokteran. 

Namun, hal tersebut harus terpaksa terhenti karena masalah keuangan. Selain itu Galileo juga merasa dia memiliki bakat dibidang matematika. 

Setelah membujuh ayahnya, ia mendapat izin untuk menjadi guru matematika dan kemudian menjadi profesor matematika. 

Pada 1609, Galileo mendengar infomrasi bahwa ada penemuan teropong, alat untuk melihat obyek jauh. Hal ini medorong Galileo untuk mempelajarinya. 

Galileo kemudian meningkatkan fungsi teropong dengan ilmu matematika dan keterampilan teknis, kemudian membangun teleskop. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.