Kompas.com - 06/07/2022, 14:00 WIB

KOMPAS.com – Intan merupakan batuan karbon berupa kristal yang kokoh. Intan diketahui sebagai material terkeras yang ada di bumi. Bagaimana proses pembentukan intan? Simaklah penjelasan di bawah ini!

Intan terbentuk dari unsur karbon. Dilansir dari Smithsonian Magazine, intan terbentuk jauh di dalam bumi sekitar 100 mil di mantel atas.

Artinya, intan terbentuk di bawah kerak bumi yaitu di mantel bumi yang panas dan tekanan yang tinggi.

Dilansir dari Cape Town Diamond Museum, suhu rata-ratanya sekitar 900 hingga 1.300 derajat celcius dengan tekanan sekitar 45 hingga 60 kilobar.

Baca juga: Perbedaan Antara Intan dan Grafit

Sebagai perbandingan, atmosfer bumi memiliki tekanan sebesar 1,01 bar. Artinya, tekanan do tempat terbentuknya intan sekitar 50.000 kali lebih kuat daripada tekanan yang kita rasakan di atmosfer bumi.

Suhu yang tinggi dan tekanan yang besar memaksa atom-atom karbon untuk saling berikatan. Setiap atom karbon berbagi elektron dan membentuk empat ikatan tunggal dengan atom karbon lainnya.

Dilansir dari Chemistry LibreTexts, unsur karbon yang saling berikatan secara kovalen tersebut, terus bertambah dan membentuk struktur tiga dimensi yang disebut dengan struktur kovalen raksasa.

Baca juga: Jenis-Jenis Ikatan Kimia

Dalam kimia, ikatan kovalen merupakan ikatan yang sangat kuat. Belum lagi, ikatan tersebut membentuk struktur tiga dimensi di mana semua lengan atom karbon berikatan dengan karbon lainnya.

Kombinasi tersebutlah yang membentuk intan dan membuatnya sangat keras.

Belum diketahui berapa lama proses pembentukan intan dalam mantel bumi. Namun, diperkirakan intan telah terbentuk sekitar 3,3 miliar tahun yang lalu.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.