Kompas.com - 06/07/2022, 13:00 WIB

KOMPAS.com – Ada banyak reaksi biokimia dalam tubuh manusia, salah satu yang paling penting adalah siklus asam sitrat. Siklus asam sitrat disebut juga siklus asam trikarboksilat atau siklus krebs.

Pengertian siklus krebs

Siklus krebs merupakan tahap kedua respirasi seluler setelah glikolisis. Glikolisis menghasilkan piruvat yang kemudian memasuki tahapan siklus krebs.

Siklus krebs membutuhkan oksigen untuk mendorong reaksinya dan menghasilkan lebih banyak energi dalam bentuk ATP. Siklus krebs juga menggunakan enzim untuk mengkatalis reaksinya.

Siklus krebs pada manusia terjadi di mitokondria bagian matriks mitokondria atau lebih dikenal sebagai membran. Adapun, pada organisme prokariota siklus krebs terjadi dalam sitoplasma.

Baca juga: Tahap-Tahap Proses Katabolisme Karbohidrat

Proses terjadinya siklus krebs

Piruvat yang masuk ke membran mitokondria dari proses glikolisis dibentuk menjadi asetil-KoA.

Dilansir dari Chemistry LibreTexts, siklus krebs dimulai saat asetil-KoA (senyawa dua karbon) digabungkan dengan molekul pembawa empat karbon (oksaloasetat) untuk membuat asam sitrat 6-karbon.

Asam sitrat merupakan produk yang petama dibuat dalam siklus krebs. Sehingga, siklus krebs juga disebut sebagai siklus asam sitrat.

Asam sitrat tersebut kemudian dikatalis oleh enzim untuk masuk ke tahapan siklus krebs selanjutnya.

Baca juga: Katabolisme Karbohidrat: Perbedaan Respirasi Aerob dan Anaerob

Satu karbon dari molekul 6-karbon kemudian dihilangkan dan bergabung dengan oksigen, membentuk karbon dioksida.

Asam sitrat kemudian diubah menjadi isositrat yang kemudian didehidrogenasi menjadi ketoglutarat. Ketoglutarat di dekarbokilasi kembali menjadi suksinil-KoA yang kemudian dipecah menjadi suksinat.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.