Kompas.com - 28/06/2022, 10:30 WIB

KOMPAS.com - Pada dasarnya, lembaga sosial dibentuk untuk mengatur kehidupan masyarakat agar mampu memenuhi kebutuhannya.

Dikutip dari buku Komunikasi dan Interaksi Sosial Anak (2021) oleh Encep Sudirjo dan Muhammad Nur Alif, lembaga sosial adalah seperangkat norma yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok masyarakat.

Ciri atau sifat umum dari lembaga sosial, antara lain memiliki tujuan yang jelas, relatif kokoh, serta memiliki tradisi tertulis atau lisan.

Secara umum, lembaga sosial dapat diklasifikasikan berdasarkan fungsi, penerimaan masyarakat, penyebaran, perkembangan, serta sistem nilai yang diterima masyarakat.

Adapun, lembaga sosial yang ditentang dalam masyarakat disebut unsanctioned institution.

Dilansir dari buku Kelembagaan Agribisnis (2021) karya Amruddin dkk, unsanctioned institutions termasuk klasifikasi lembaga sosial berdasarkan penerimaan masyarakat.

Baca juga: Fungsi Lembaga Sosial

Berikut penjelasan lebih lanjutnya:

Pengertian unsanctioned institutions

Dilansir dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud)unsanctioned institutions adalah lembaga sosial yang secara umum ditolak oleh masyarakat.

Penolakan ini dapat disebabkan oleh beberapa alasan. Namun, yang paling umum karena lembaga tersebut memiliki perilaku menyimpang.

Meski kehadirannya ditentang atau ditolak masyarakat, sangat sulit untuk menghilangkan atau memberantas lembaga sosial ini.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.