Kompas.com - 28/06/2022, 10:00 WIB

KOMPAS.com - Komposisi penduduk diterapkan untuk memudahkan proses pengelompokan masyarakat berdasarkan usia, jenis kelamin, atau indikator lainnya.

Salah satu alasan penting mengapa komposisi penduduk sangat penting, karena untuk menata sarana dan prasarana yang dibutuhkan masyarakat dalam kehidupannya.

Apa itu komposisi penduduk?

Pengertian komposisi penduduk

Menurut M. Noor Said dalam buku Dinamika Penduduk (2020), komposisi penduduk adalah jumlah penduduk yang dikelompokkan berdasarkan ukuran tertentu.

Komposisi ini dibuat sesuai tingkatan usia, jenis kelamin, mata pencarian, agama, bahkan tempat tinggalnya.

Baca juga: Pengaruh Perbedaan Tempat Tinggal bagi Penduduk Indonesia

Jelaskan pengertian komposisi penduduk!

Pengertian komposisi penduduk adalah struktur atau susunan penduduk sebuah negara dan/atau wilayah berdasarkan atributnya, seperti aspek geografis, biologis, dan sosial.

Komposisi penduduk adalah pengelompokan penduduk atas dasar kriteria tertentu, misalnya geografis, sosial, biologi, dan ekonomi.

Jenis komposisi penduduk

Dikutip dari buku Ekonomi Demografi (2021) oleh Bonaraja Purba dkk, pengelompokan komposisi penduduk bisa didasarkan pada aspek biologis, sosial, ekonomi, dan geografis.

Meski begitu, pengelompokan itu masih terlalu umum dan luas. Sehingga dibutuhkan  pengelompokan yang lebih spesifik.

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.