Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Seni Grafis beserta Fungsinya

Kompas.com - 08/04/2022, 13:30 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

Sumber Kemdikbud

KOMPAS.com - Seni grafis termasuk karya seni rupa dwimatra yang dibuat untuk mencurahkan gagasan, ide, atau emosi seseorang.

Karya seni ini biasanya dibuat menggunakan teknik cetak, yang memungkinkan pelipatgandaan hasil karyanya.

Apa itu seni grafis?

Pengertian seni grafis

Dilansir dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), seni grafis adalah karya seni rupa berbentuk dua dimensi yang dibuat menggunakan teknik cetak, baik manual maupun digital.

Grafis berasal dari bahasa Yunani, graphein, artinya menulis atau menggambar. Sementara istilah grafis dalam bahasa Inggris, yakni graph atau graphic berarti membuat tulisan atau lukisan dengan ditoreh atau digores.

Menurut Eighteen Salasi dalam buku Seni Rupa SMP: Seni Lukis, Seni Patung, Seni Grafis, dan Pameran (2020), seni grafis merupakan cabang seni lukis yang proses pembuatannya menggunakan teknik cetak, biasanya di atas kertas.

Beberapa desain dalam seni grafis adalah tipografi, gambar asli, rencana serta pola seni dekoratif, arsitektur, dan interior.

Baca juga: Jenis-jenis Seni Grafis

Fungsi seni grafis

Dikutip dari jurnal Pergeseran Fungsi Seni Grafis dari Karya Seni Murni menjadi Karya Seni Terapan (2020) karya Nova Agung Prasetya, seni grafis bisa dipahami sebagai medium atau alat ekspresi dua dimensional dengan menggunakan salah satu teknik, sebagai hasil karyanya.

Dengan demikian bisa dikatakan bahwa salah satu fungsi seni grafis ialah sebagai sarana penyampaian ekspresi dari senimannya.

Ekspresi yang dimaksud adalah perasaan, emosi, pemikiran, gagasan, maupun ide yang dimiliki seniman.

Selain sebagai sarana ekspresi, fungsi lain dari seni grafis adalah:

Penghubung antara seniman dengan penikmat karyanya

Seni grafis berfungsi menjembatani pelukis atau seniman dengan penikmat karyanya. Lewat karya seni ini, penonton atau khalayak bisa mengetahui apa yang berusaha disampaikan seniman.

Sarana promosi

Tidak hanya sebagai sarana ekspresi, seni grafis juga berfungsi sebagai sarana promosi. Contohnya melalui seni grafis, seniman dapat mempromosikan nilai-nilai kehidupan yang berupaya digambarkannya melalui karya seni rupa tersebut.

Baca juga: 4 Macam Seni Grafis Menurut Teknik Pengerjaannya

Media penyampaian pesan

Seni grafis juga berfungsi sebagai media penyampaian pesan. Dalam hal ini, pesan yang dimaksud, berupa nilai-nilai, gagasan, ide, pemikiran, perasaan, atau lainnya.

Menampilkan keindahan

Sebagai karya seni rupa dua dimensi, salah satu fungsi seni grafis adalah menampilkan keindahan, supaya bisa dinikmati dan menghibur para penikmat seninya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com