Kompas.com - 08/04/2022, 11:30 WIB

KOMPAS.com - Alat musik perkusi adalah alat musik yang ditabuh, dipukul, digoyang, digesek, atau tindakan lainnya, yang dapat membuat getaran pada alat tersebut.

Pada dasarnya, instrumen (alat musik) perkusi terdiri atas alat apa pun yang ketika dipukul, digoyangkan, atau digesek bisa menimbulkan suara.

Dilansir dari situs Jakarta Smart City, alat musik perkusi bisa dilakukan menggunakan tangan, kaki, atau bantuan alat pemukul.

Tidak mudah memainkan alat musik perkusi, karena membutuhkan banyak latihan, khususnya dalam menyesuaikan jumlah ketukan yang tepat.

Dikutip dari Encyclopaedia Britannica, alat musik perkusi bisa dibagi menjadi dua macam, yakni idiofon dan membranofon.

Berikut penjelasannya:

Idiofon

Menurut Syailendra dalam buku Explicit Instruction dan Creativity Quotient pada Kemampuan Musik Tradisional Mahasiswa (2019), idiofon adalah alat musik yang sumber bunyinya berasal dari getaran alat itu sendiri.

Baca juga: Alat Musik Idiophone: Pengertian dan Contohnya

Ketika dimainkan, alat musik tersebut akan bergetar dan menghasilkan suara. Beberapa jenis alat musik yang tergolong idiofon adalah:

  • Simbal

Alat musik ini terbuat dari logam dan dimainkan dengan cara dipukul menggunakan alat khusus, dibenturkan, atau digesekkan dengan simbal lainnya.

  • Gong

Merupakan alat musik tradisional yang cukup dikenal masyarakat Asia Tenggara dan Asia Timur. Gong dimainkan dengan dipukul memakai alat khusus.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.