Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Komponen Kewargaan Digital beserta Contohnya

Kompas.com - 22/03/2022, 11:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

Sumber Kemdikbud

KOMPAS.com - Kewargaan digital membuat para pengguna teknologi lebih bertanggung jawab dalam menggunakan perangkat digitalnya.

Sebab di era digital saat ini, kebebasan berpendapat dan berperilaku terkadang menyimpang bahkan melanggar norma atau peraturan yang ada.

Dikutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), kewargaan digital merupakan kumpulan norma perilaku yang tepat dan bertanggung jawab dalam menggunakan teknologi informasi.

Kewargaan digital atau kewarganegaraan digital adalah serangkaian konsep untuk memberi pengetahuan mengenai penggunaan teknologi dunia maya secara benar dan tepat.

Baca juga: Kewarganegaraan Digital: Definisi dan Fungsi

Terdapat berapa komponen pada kewargaan digital?

Dilansir dari buku Framework Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Abad 21 (2019) oleh Verbena Ayuningsih Purbasari, dkk, ada sembilan komponen pada kewargaan digital, yakni:

  1. Akses digital
  2. Perdagangan digital
  3. Komunikasi digital
  4. Literatur digital
  5. Etika digital
  6. Hukum digital
  7. Hak dan kewajiban digital
  8. Kesehatan digital
  9. Keamanan digital

Berikut penjelasan komponen kewargaan digital:

Akses digital

Adalah komponen paling mendasar untuk menjadi warga digital.

Sejumlah faktor memengaruhi akses digital yang dimiliki seseorang, seperti status sosial dan ekonomi, domisili atau tempat tinggal, dan sebagainya.

Contoh akses digital adalah sekolah yang memfasilitasi murid dan guru untuk terhubung dengan dunia digital, lewat penyediaan komputer serta akses internet.

Baca juga: Teknologi Informasi Digital: Pengertian, Lingkup Kerja, Kelebihan dan Kekurangan

Perdagangan digital

Kegiatan perdagangan digital memudahkan manusia dalam bertransaksi. Walau begitu, kegiatan ini perlu dijalankan secara bijak dan berhati-hati. Karena sangat mungkin aksi kejahatan terjadi.

Contohnya penyalahgunaan data pribadi, seperti kartu debit dan kredit untuk membeli barang secara daring, maraknya konten pornografi, perjudian online, transaksi narkoba, dan penipuan online.

Komunikasi digital

Menurut Yuan Badrianto, dkk dalam buku Komunikasi Bisnis (2022), komunikasi digital adalah semua jenis komunikasi yang mengandalkan penggunaan teknologi sebagai sarananya, seperti email, panggilan telepon, video conference, dan lain-lain.

Pada dasarnya, komunikasi digital bisa dilakukan secara tertulis maupun lisan. Contoh, guru mengajar muridnya lewat aplikasi Zoom atau Google Meet, dan murid yang mengirimkan hasil tugasnya melalui email kepada guru.

Literatur digital

Komponen kewargaan digital ini memberi pemahaman bagaimana menggunakan suatu perangkat digital.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com