Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karakteristik Media Online beserta Penjelasannya

Kompas.com - 17/12/2021, 10:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Karakteristik media online memuat sejumlah ciri yang membedakannya dengan media konvensional. Beberapa karakteristik tersebut membuat media online lebih unggul dibanding jenis media lainnya.

Media online atau yang sering disebut pula media daring menjadi alat bagi masyarakat dalam mencari serta mendapatkan informasi. Selain itu, media daring juga memudahkan manusia untuk memperoleh ilmu pengetahuan serta hiburan.

Menurut Mahyuddin dalam buku Sosiologi Komunikasi: Dinamika Relasi Sosial Budaya di dalam Era Virtualitas (2019), media online adalah saluran komunikasi yang dilakukan secara online berbasis telekomunikasi melalui situs web di internet.

Karakteristik media online

Dikutip dari buku Analisis Teks Media Sebuah Pengantar Riset Jurnalistik (2020) karya Dinul Fitrah Mubaraq, beberapa karakteristik media online adalah memberi kemudahan bagi manusia untuk mengakses informasi, hiburan, dan ilmu pengetahuan.

Karakteristik media online lainnya adalah bersifat real time, informasi yang diberikan sifatnya terbaru dan sering diperbarui, beragamnya unsur multimedia, serta bersifat interaktif.

Baca juga: Media Online: Pengertian dan Fungsinya

Selain empat karakteristik di atas, berikut 7 karakteristik media online beserta penjelasannya:

Kecepatan informasi (immediacy)

Melansir dari Book Series Jurnalisme Kontemporer: Etika dan Bisnis dalam Jurnalisme (2021) karya Febri Nurrahmi, dkk, media daring mampu menyampaikan dan mengirim informasi dengan cepat.

Artinya media daring bisa memberitakan sebuah peristiwa di waktu yang bersamaan dengan berlangsungnya peristiwa tersebut. Sehingga pengiriman informasi kepada masyarakat dapat dilakukan lebih mudah dan cepat.

Pembaruan informasi (updating)

Karakteristik media online ini memungkinkan manusia mengakses informasi kapan dan di mana saja. Informasi yang disampaikan pun sifatnya selalu diperbarui, bahkan ditambah dengan penjelasan yang lebih lengkap.

Timbal balik (interactivity)

Media daring menyediakan fasilitas yang bisa membuat penggunanya menyampaikan feedback atau umpan balik. Contohnya forum serta kolom komentar yang dapat dimanfaatkan untuk memberi kritik, saran, maupun tanggapan.

Personalisasi (audience control)

Pengguna bisa memilih berita yang menarik dan ingin dibaca. Karena media daring menyediakan fitur yang dapat membantu pengguna dalam memilih berita, dan menyediakan tautan yang terhubung dengan tautan lainnya.

Baca juga: Media Cetak: Pengertian dan Jenisnya

Kapasitas tidak terbatas (storage and retrieval)

Karakteristik media online ini berarti media daring punya kapasitas tidak terbatas. Kapasitas ini memungkinkan media daring untuk menyimpan berita, termasuk multimedia, seperti video maupun gambar, dengan jumlah tidak terbatas.

Pranala (hyperlink)

Pranala atau hyperlink berfungsi untuk menghubungkan satu berita dengan berita lainnya. Sehingga pengguna dapat lebih mudah membaca berita atau artikel yang saling berkaitan.

Multimedia capability

Karakteristik media online ini memfasilitasi pengguna media online dalam hal penyediaan gambar, suara, video, teks, maupun komponen lain yang berbasis multimedia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com