Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karakteristik Negara Jepang

Kompas.com - 16/12/2021, 14:49 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis


KOMPAS.com – Jepang adalah negara kepulauan yang terletak di lepas pantai Timur Asia. Batas sebelah utara dari negara jepang adalah Laut Okhotsk. Untuk lebih memahaminya, berikut adalah karakteristik geografis negara Jepang!

Lokasi negara Jepang

Negara Jepang secara astronomis terletak di antara 30° LU - 47° LU dan 128° BT - 146° BT. Secara geografis, Jepang terletak di belahan Bumi Utara bagian paling timur Benua Eurasia.

Kepulauan Jepang dipisahkan oleh Laut Jepang atau Laut Timur dari benua Asia lainnya. Jepang bertetangga dengan Korea, Rusia, dan China. Berikut adalah batas wilayah kepulauan Jepang:

  • Batas sebelah utara Jepang adalah Laut Okhotsk yang memisahkannya dengan Rusia.
  • Batas sebelah timur Jepang adalah Samudra Pasifik.
  • Batas sebelah barat Jepang adalah Laut Jepang atau Laut Timur yang memisahkannya dengan Korea.
  • Batas sebelah selatan Jepang adalah Laut China Timur yang memisahkannya dengan China.

Baca juga: Karakteristik Benua Australia

Kondisi geografis

Jepang seringkali dianggap sebagai negara yang kecil jika dilihat melalui peta. Hal ini karena Jepang berada di Samudra Pasifik yang luas dan berbatasan dengan raksasa daratan seperti China dan Rusia.

Dilansir dari Standford Program on International and Cross-Cultural Education, Jepang dengan luas 377.800 kilometer persegi lebih luas daripada 180 negara lainnya di dunia, termasuk Inggris dan Italia.

Sekitar 80 persen wilayah Jepang merupakan pegunungan yang terbentuk dari pertemuan lempeng-lempeng dunia. Ada empat lempeng dunia yang bertemu di Jepang, yaitu Lempeng Pasifik, Lempeng Eurasia, lempeng Filipina, dan juga lempeng Amerika Utara.

Pertemuan lempeng-lempeng tersebut mengakibatkan Jepang seringkali dilanda gempa tektonik. Pertemuan lempeng tersebut juga membentuk cincin api pasifik.

Dilansir dari Live Science, cincin api pasifik adalah sabuk gempa paling akti di dunia berbentuk tapal kuda yang mengikuti tepi Samudra Pasifik. Inilah mengapa Jepang memiliki banyak gunung berapi.

Baca juga: Karakteristik Benua Eropa

Dilansir dari National Geographic Kids, Jepang memiliki sekitar 200 gunung berapi dan 60 di antaranya adalah gunung berapi aktif. Membuat Jepang tidak hanya rawan akan gempa tektonik, namun juga letusan vulkanik, gempa vulkanik, dan tsunami.

Iklim

Letak astronomisnya, membuat negara Jepang memiliki iklim sedang hingga subtropis. Jepang juga memiliki empat musim yaitu musim panas, musim gugur, musim dingin, dan juga musim semi.

Perekonomian

Negara Jepang tergolong ke dalam negara maju. Teknologi industri elektronik menjadi salah satu sumber perekonomian Jepang. Belum lagi industri transportasinya yang terkenal di kancah internasional.

Bagaimanakah kondisi perekonomian negara jepang jika dilihat dari letak geografis dan kondisi alamnya ?

Jepang merupakan negara kepulauan yang mencakup sekitar empat ribu pulau kecil. Walaupun merupakan gugusan pulau, sekitar 80 persen wilayahnya merupakan pegunungan dan ditutupi hutan.

Baca juga: Identifikasi 5 Kekhasan Benua Asia

Sehingga, sektor pertanian menjadi salah satu sumber daya alam yang mendorong perekonomian Jepang. Subsektor pertanian yang menonjol di Jepang adalah tanaman hortikultura, kehutanan, perikanan, dan juga peternakan.

Secara geografis Jepang memiliki pasokan air tawar yang cukup besar, sehingga dapat menunjang kegiatan pertanian. Dilansir dari Encyclopedia Britannica, produk pertanian utama Jepang adalah nasi, gandum, barley, kentang, buah-buahan, sayuran, teh, susu, dan daging sapi.

Negara yang berbentuk kepulauan membuat Jepang menghasilkan produk perikanan dalam jumlah besar. Hal ini juga alasan mengapa masyarakat Jepang lebih banyak mengonsumsi makanan laut daripada daging.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com