Kompas.com - 04/12/2021, 12:38 WIB
Klasifikasi iklim benua Australia bom.gov.auKlasifikasi iklim benua Australia

KOMPAS.com – Australia merupakan suatu benua dan juga negara yang dekat dengan Indonesia. Seperti benua lainnya, Australia memiliki ciri-cirinya sendiri. karakteristik benua australia adalah sebagai berikut!

Benua terkecil di dunia

Australia merupakan benua di dunia. Namun, Australia juga merupakan negara terbesar di dunia. Negara dengan ibu kota Canberra ini memiliki daratan seluas 7.741 juta kilometer persegi yang dikelilingi oleh lautan.

Benua terkering kedua di dunia

Australia merupakan benua terkering kedua dunia setelah Antartika. Sekitar 20 persen dari total daratan Australia adalah gurun. Belum lagi curah hujan rata-rata benua ini termasuk rendah. Sehingga, menjadikan Australia sebagai benua yang kering.

Hal ini ditandai dengan seringnya terjadi kebakaran hutan di Australia karena cuaca panas yang kering dan angin kencang yang berhembus.

Baca juga: The Great Emu War: Kekalahan Manusia dari Burung Emu

iklim

Australia terletak di 100 42' hingga 430 39' lintang selatan dan 1130 10' hingga 1530 40' bujur timur, menciptakan iklim yang beragam.

Dilansir dari The Bureau of Meteorology is Australia's national weather , climate and water agency  , ilklim benua Australia terdiri dari iklim khatulistiwa, tropis, subtropis, gurun, dan juga padang rumput. Membuat Australia memiliki suhu yang beragam yang didukung dengan iklim daerahnya.

Flora dan fauna yang khas

Mengutip dari Australian Government  , hewan dan tumbuhan berevolusi di benua Australia yang secara geografis secara geografis, melalui masa iklim yang mengering, variabilitas tinggi berkelanjutan.

Hal ini membuat Australia memiliki banyak tumbuhan dan hewan endemik yang khas (tidak dapat ditemukan di benua lain).

Salah satu hewan endemik Australia yang sangat terkenal adalah kanguru. Sehingga, walaupun Australia merupakan benua yang kering, Australia juga merupakan habitat alami bagi sangat banyak spesies hewan dan tumbuhan.

Urbanisasi yang tinggi

Banyaknya daerah kering membuat sebagian besar benua Australia tidak ditinggali manusia. Pendudukanya sebagian besar melakukan urbanisasi ke kota-kota besar di daerah tenggara dan barat daya.

Baca juga: Jenis-Jenis Tanaman Australia

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.