Kompas.com - 16/12/2021, 13:51 WIB


KOMPAS.comKeramik merupakan kerajinan bahan lunak yang terbuat dari tanah liat. Pewarna pada kerajinan keramik yang terbuat dari campuran kuarsa kapur dan oksida pewarna besi atau tembaga disebut dengan glasir.

Apakah sebenarnya glasir itu? Menurut Glen C. Nelson dalam buku berjudul Ceramics A Potter’s Handbook (1986), glasir adalah cairan sustensi butiran mineral kecil yang diterapkan dengan cara penuangan, pengkuasa, pencelupan, penyemprotan pada permukaan keramik.

Nelson kemudian menjelaskan bahwa setelah glasir diterapkan dan kering. Maka, keramik akan dibakar hingga kandungan di dalamnya memeleh dan membentuk lapisan kaca pada keramik.

Dilansir dari Visual Arts Cork, glasir juga digunakan untuk mewarnai keramik menggunakan berbagai pigmen warna berbasis mineral. Keramik yang dilapisi glasir selain indah, juga menjadi lebih tahan air. 

Baca juga: Kerajinan Keramik: Pengertian dan Teknik Pembuatannya

Bahan pembuatan glasir

Berikut adalah bahan-bahan glasir yang digunakan untuk mewarnai keramik:

Kuarsa

Kuarsa atau silika merupakan bahan utama pembuatan glasir. Silika memiliki bentuk kristal yang kemudian akan membentuk lapisan kaca pada keramik. Selain silika, dapat juga digunakan boraks, titania, dan fosfat.

Alumina

Alumina madalah bahan pengeras atau pengental yang dapat meningkatkan viskositas glasir. Menurut Y. M. V. Hartono dalam buku Bahan Mentah untuk Pembuatan Keramik (1983), bahan pengental yang biasa digunakan adalah kaolin, hematit, dan juga okside krom.

Flux

Flux atau bahan pelebur adalah bahan yang bertujuan menurunkan suhu lebur glasir akan lebih mudah melekat pada keramik. Contoh flux adalah timbal oksida, timbal oksida, kapur, feldspar, dan dolomit.

Baca juga: Arti Kode H, HB, dan 2B pada Pensil

Bahan perwarna

Bahan terakhir dari glasir adalah bahan pewarna. Bahan pewarna tidak hanya mewarnai glasir, namun juga berfungsi sebagai flux dan alumina. Contoh bahan pewarna glasir adalah hematit, oksida kobalt, oksida tembaha, nikel, dan timah putih.

Teknik pewarnaan glasir

Ada banyak teknik pewarnaan keramik menggunakan glasir. Glasir merupakan cat bagi keramik yang tidak hanya menambah warna, namun juga lapisan tipis kaca yang berkilauan.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.