Teknologi Informasi Digital: Pengertian, Lingkup Kerja, Kelebihan dan Kekurangan

Kompas.com - 15/06/2021, 15:22 WIB
Ilustrasi teknologi informasi digital freepik.com/rawpixel.comIlustrasi teknologi informasi digital

KOMPAS.com - Informasi adalah hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Jika dahulu manusia mendapatkan informasi dengan cara pergi ke perpustakaan, membaca buku, membaca koran, atau menyaksikan langsung suatu peristiwa.

Di era modernisasi ini manusia dapat mendapatkan informasi dengan mudah melalui teknologi informasi digital.

Sulistyo-Basuki dalam buku Pengantar Ilmu Perpustakaan (1993) menyebutkan bahwa teknologi informasi adalah teknologi yang digunakan untuk menghasilkan, menyimpan, mengolah, dan menyebarkan informasi.

Maka teknologi informasi digital adalah teknologi pengelolaan informasi yang berbentuk digital melalui proses digitalisasi.

Dilansir dari Forbes, digitalisasi adalah pengambilan informasi analog dan mengkodekannya menjadi nol dan satu (bahasa biner) sehingga komputer dapat menyimpan, memproses, dan mengirimkan informasi tersebut.

Baca juga: Cara Menghargai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lingkup Kerja

Abdul Kadir dalam buku Pengenalan Teknologi Informasi (2003) menyebutkan bahwa Haag (2000) membagi lingkup kerja teknologi digital menjadi:

  1. Teknologi masukan adalah segala macam teknologi yang bisa mendigitalisasi suatu informasi misalnya keyboard dan scanner.
  2. Teknologi keluaran adalah segala sesuatu yang bisa menampilkan informasi misalnya layar monitor.
  3. Teknologi perangkat lunak adalah berbagai software untuk mengolah informasi.
  4. Teknologi penyimpanan adalah media penyimpanan infomasi seperti hard disk.
  5. Teknologi telekomunikasi merupakan teknologi yang dapat menghubungkan manusia dalam jarak jauh seperti mesin ATM maupun media sosial.
  6. Mesin pemroses atau dikenal sebagai central processing unit (CPU)

Komunikasi teknologi dapat dilakukan di lingkungan akademis, lingkungan kerja, dan lingkungan umum. Tidak dapat dilakukan di lingkungan industri.

Kelebihan teknologi informasi digital

Adapun kelebihan teknologi digital adalah: 

  • Aksesibilitas Data yang lebih tinggi

Dengan adanya teknologi informasi digital, aksesibilitas data akan lebih tinggi. Untuk menemukan suatu informasi tidak perlu datang ke tempat langsung atau membeli buku, informasi tersebut dengan mudah dan praktis didapatkan melalui internet.

Baca juga: Dampak Kemajuan Teknologi di Bidang Sosial dan Budaya

Kemudahan akses informasi memberikan dampak baik lainnya seperti penghematan waktu dan juga penghematan biaya. Belum lagi informasi yang diakses secara digital lebih hemat tempat karena satu laptop saja bisa menyimpan ratusan buku tanpa menyita tempat di dalam rumah.

Halaman:

Sumber Forbes
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X