Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Artikel: Pengertian dan Fungsinya dalam Media Massa

Kompas.com - 18/02/2022, 11:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.comArtikel merupakan salah satu karya jurnalistik. Artikel termasuk jenis tulisan nonberita yang biasanya diunggah dalam media cetak, seperti surat kabar dan majalah.

Berbeda dengan berita yang isinya berupa informasi aktual, artikel memuat data, fakta, analisis, serta opini penulis.

Pengertian artikel

Dikutip dari buku Pengantar Jurnalistik: Teknik Penulisan Berita, Artikel, dan Feature (2015) oleh Indiwan Seto Wahjuwibowo, artikel adalah karangan faktual mengenai suatu hal yang ditulis secara lengkap dan dimuat di media massa.

Artikel juga bisa diartikan sebagai tulisan karya jurnalistik yang memuat pendapat, gagasan, pemikiran, dan fakta.

Tujuan artikel ialah menyampaikan gagasan dan fakta, guna meyakinkan, mendidik (memberi pengetahuan), atau menghibur para pembaca.

Baca juga: Perbedaan Berita, Artikel, dan Feature

Fungsi artikel dalam media massa

Menurut Asep Syamsul M. Romli dalam buku Jurnalistik Online: Panduan Mengelola Media Online (2020), dalam karya jurnalistik, artikel termasuk kategori views (pandangan atau opini), sama seperti tajuk rencana, surat pembaca, kolom, analisis berita, serta karikatur.

Fungsi artikel dalam media massa terbagi menjadi empat, yakni sebagai penganalisis berita, forum diskusi, sosialisasi serta kontribusi gagasan, dan sarana aktualisasi serta eksistensi diri penulisnya.

Berikut penjelasan tiap fungsinya:

Penganalisis berita

Artikel tidak hanya berisikan data, fakta, serta opini dari penulisnya. Artikel juga memuat analisis berita atau peristiwa yang sedang dibahas penulis. Jadi isi artikel lebih mendalam karena memuat hasil pandangan serta analisis.

Forum diskusi

Dalam media massa, artikel juga berfungsi sebagai forum diskusi. Artinya artikel bisa dijadikan pokok bahasan dalam forum diskusi yang diselenggarakan oleh lembaga tertentu.

Sosialisasi serta kontribusi gagasan

Artikel dalam media massa juga berperan untuk menyosialisasikan suatu peristiwa, kejadian, maupun permasalahan kepada pembaca.

Baca juga: Apa Saja Ruang Lingkup Jurnalistik?

Sarana aktualisasi serta eksistensi diri penulisnya

Fungsi artikel dalam media massa ialah sebagai sarana aktualisasi diri serta membuktikan eksistensi penulisnya. Artikel menjadi sarana aktualisasi bagi penulis untuk mengembangkan bakat serta kariernya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com