Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teks Tanggapan: Pengertian, Fungsi, Struktur, dan Contohnya

Kompas.com - Diperbarui 10/01/2023, 17:31 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Sri Rahayu, Guru SMPN 13 Balikpapan, Kalimantan Timur

 

KOMPAS.com - Teks tanggapan disebut juga sebagai teks tanggapan kritis. Teks tanggapan adalah teks tentang pendapat seseorang.

Pendapat yang disampaikan, umumnya berupa kritikan, sanggahan, atau pujian terhadap sesuatu hal. Contohnya karya seseorang, fenomena lingkungan, peristiwa, dan lain-lain.

Selain itu, teks tanggapan dibuat untuk menanngapi teks berupa karya sastra, berita, artikel, film, dan karya pertunjukan. 

Teks tanggapan memberi pandangan terhadap suatu hal, baik mendukung atau menolak dengan disertai argumen yang obyektif, sopan, logis, dan jelas. Informasi yang terkandung dalam teks ini menjadi saran yang membangun.

Baca juga: Ciri Kebahasaan Teks Tanggapan

Fungsi teks tanggapan

Beberarap fungsi teks tanggapan, di antaranya:

  • Mengapresiasi karya atau suatu hal yang dikerjakan seseorang secara jelas.
  • Sebagai sarana untuk menanggapi suatu persoalan agar sesama pemuji atau pengkritik bisa berdialog dengan lebih baik melalui konteks, deskripsi, dan penilaian yang diberikan oleh teks tanggapan.
  • Memberikan kritik membangun yang digunakan untuk membantu sesuatu hal agar menjadi lebih baik.
  • Memberikan saran kepada suatu persoalan dengan cara yang terarah, sistematis, dan terbaik. Sehingga pujian atau kritik tidak terasa semu dan bisa dipertanggungjawabkan.

Struktur teks tanggapan

Teks tanggapan memiliki tiga struktur, yakni evaluasi, deskripsi dan penegasan. Berikut penjelasannya: 

  • Evaluasi

Evaluasi adalah bagian awal dari teks tanggapan kritis. Evaluasi berisi tentang pernyataan-pernyataan umum yang berhubungan dengan permasalahan yang telah disampaikan penulis.

  • Deskripsi

Deskripsi yaitu bagian yang berisi informasi yang berkaitan dengan alasan yang digunakan untuk mendukung atau menolak suatu pernyataan. Deskripsi teks berada di bagian tengah dari teks tanggapan.

  • Penegasan

Penegasan merupakan pernyataan yang berisi penegasan ulang atau kesimpulan sekaligus saran terhadap sesuatu yang sudah diputuskan oleh penulis pada teks tanggapan. Hal ini berarti penegasan memuat gambaran umum pendapat penulis tentang suatu persoalan yang ditanggapi.

Baca juga: Contoh Teks Tanggapan Singkat Beserta Strukturnya

Contoh struktur dalam teks tanggapan

Simak contoh struktur teks tanggapan pada narasi di bawah: 

Pengaruh Internet bagi Pelajar

  • Evaluasi

Kemajuan teknologi informasi membuat banyak perubahan. Salah satu perubahan tersebut yaitu adanya internet. Dalam praktiknya, internet memiliki banyak pengaruh negatif, khususnya pada pelajar.

Keterangan: paragraf ini berisi pernyataan umum tentang permasalahn yang dibahas yakni tentang internet.

  •  Deskripsi

Banyak pelajar yang menjadi lupa waktu. Di samping itu banyak penyakit mata diderita pelajar karena menggunakan internet secara tidak sehat. Bahkan, beberapa pelajar terlibat kriminalitas karena secara tidak langsung belajar dari internet.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com