Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Arus Laut dalam Kehidupan Sehari-hari

Kompas.com - 14/02/2022, 18:12 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis


KOMPAS.comArus laut adalah pergerakan air laut yang ditimbulkan karena banyak hal seperti angin, perbedaan suhu udara, dan banyak hal lainnya. Apa manfaat arus laut dalam kehidupan sehari-hari?

Arus laut bermanfaat untuk mengatur iklim bumi, distribusi nutrisi dan oksigen yang penting bagi kehidupan, membantu perikanan juga pelayaran, dan sebagai sumber energi terbarukan.

Mengatur iklim

Manfaat pertama dari arus laut adalah mengatur iklim dan menjaga agar bumi tidak memasukin panas yang terlalu ekstrem. Arus laut memainkan peran penting dalam menjaga suhu bumi.

Arus laut mendistribusikan panas dari akuator bumi ke kedua kutub yang lebih dingin. Air laut yang lebih dingin juga di alirkan ke daerah ekuator untuk menerima lebih banyak panas.

Sehingga, distribusi panas bumi lebih merata dan melindungi bumi dari suhu yang terlalu ekstrem.

Baca juga: Mengenal Ekosistem Laut

Penyebaran nutrisi dalam laut

Arus laut sangatlah penting bagi kehidupan dalam laut. Dilansir dari National Geographic, hal tersebut dikarenakan arus laut berperan untuk membawa nutrsisi dan makanan ke organisme yang hidup melekat secara permanen di satu tempat.

Arus laut membawa produsen ekosistem laut yang sangat penting, yaitu fitoplankton. Menyebarkannya ke berbagai belahan laut, sehingga keseimbangan ekosistem lautan tetap terjaga.

Selain fitoplankton, arus laut juga menyebarkan berbagai nutrisi penting seperti nitrogen dan juga fosfat. Sehingga, tumbuhan laut dapat bertahan hidup dan memberi makan berbagai hewan laut.

Membantu perikanan

Arus laut juga bermanfat untuk membantu perikanan. Arus laut yang membawa plankton membantu nelayan untuk menemukan tempat di mana ikan banyak berkumpul.

Baca juga: Akibat pada Laut jika Semua Nelayan Menggunakan Perahu Besar dan Alat Modern

Menjaga kadar oksigen terlarut

Seperti halnya makhluk hidup di darat, makhluk hidup di laut juga membutuhkan oksigen untuk dapat bertahan hidup.

Arus laut yang mengalir di seluruh dunia atau sabuk konveyor global bermanfaat mengalirkan oksigen terlarut dari permukaan ke laut dalam di seluruh dunia.

Dilansir dari NOAA Ocean Exploration, tanpa adanya arus tersebut oksigen terlarut akan cepat habis oleh pembusukan bahan organik yang mengarah ke penumpukan hidrogen sulfida. Hal tersebut akan meracuni laut dalam dan membunuh berbagai makhluk hidup di dalamnya.

Membantu pelayaran

Arus laut yang mengalir di atas permukaan laut bermanfaat untuk membantu pelayaran. Arus laut menggerakkan berbagai materi yang ada di dalamnya, termasuk membantu gerak kapal laut. Sehingga, arus laut berfungsi membantu pelayaran.

Sumber energi listrik

Arus laut juga bermanfaat sebagai sumber energi. Arus laut membantu menggerakkan generator dan turbin listrik untuk menghasilkan arus listrik.

Arus laut yang terus-menerus diperbaharui secara alami, membuatnya menjadi salah satu sumber energi paling melimpah di bumi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com