Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Filogeni: Pengertian dan Dasar Penentuannya

Kompas.com - 14/02/2022, 18:24 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis


KOMPAS.com – Dalam mempelajari evolusi, ada yang disebut dengan filogeni. Apa yang dimaksud dengan filogeni? Untuk mengetahui apa itu filogeni dan dasar penentuannya, simaklah penjelasan di bawah ini!

Pengertian filogeni

Filogeni adalah salah satu cabang ilmu biologi. Filogeni menjelaskan perkembangan makhluk hidup dalam evolusi. Dilansir dari Thought Co, filogeni mencoba melacak sejarah evolusi semua kehidupan di planet bumi.

Filogeni melacak sejarah evolusi dengan mengurai hubungan taksonomi (klasifikasi makhluk hidup), berdasarkan hipotesis filogenetik.

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, dasar filogeni adalah hipotesis yang diterima secara universal bahwa tumbuhan atau hewan dari spesies berbeda berasal dari nenek moyang yang sama.

Artinya, filogeni mencoba menguraikan sejarah evolusi seluruh makhluk hidup di planet bumi dari satu nenek moyang yang sama.

Baca juga: Petunjuk Terjadinya Evolusi

Dasar penentuan filogeni

Apa dasar penentuan filogeni? Penentuan filogeni didasarkan pada data morfologis, molekuler, dan juga fosil makhluk hidup.

Namun, karena fosil atau sisa-sisa makhluk hidup sudah banyak yang hilang maka filogeni didasarkan bukti tidak langsung dari data morfologi dan molekuler.

Perbandingan morfologi

Penentuan filogeni dapat bersumber darimorfologi, yaitu bentuk dan struktur tubuh makhluk hidup. Dasar penentuan filogeni menurut morfologi yang paling mendasar didapat dari organ homolog.

Dilansir dari Biology LibreTexts, keberadaan organ atau struktur homolog menunjukkan bahwa dua spesies yang berbeda berasal dari jalur evolusi yang sama. Organ homolog membuat spesies dari garis evolusi yang sama terlihat berbeda satu sama lain.

Baca juga: Organ Homolog: Pengertian dan Contohnya

Ketika melakukan perbandingan morfologi bagi filogeni, ada yang disebut sebagai pernampilan menyesatkan. Yaitu, di mana dua spesies yang berkerabat sangat jauh (berasal dari garis evolusi berbeda) terlihay hampir sama satu sama lain.

Hal tersebut biasanya didasarkan oleh adaptasi lingkungan hidup dan disebut sebagai struktur analog. Sehingga, untuk menentukan filogeni kita harus mengenali organ homolog yang mengarah pada evolusi dan organ analog yang mengarah pada adaptasi.

Perbandingan molekuler

Setiap makhluk hidup memiliki materi genetik berupa DNA dan RNA. DNA dan RNA adalah kumpulan informasi genetik yang tidak hanya mengandung ciri-ciri suatu makhluk hidup, namun juga petunjuk tentang asal-usul serta garis evolusinya.

Dua spesies makhluk hidup dengan materi genetik yang hampir sama, biasanya berasal dari garis evolusi yang sama. Namun, terkadang sedikit saja perbedaan genetik bisa menimbulkan perbedaan morfologi yang sangat besar.

Sehingga, filogeni harus memperhatikan perbandingan morfologi dan molekuler secara teliti. Hasil data yang didapatkan dari kedua perbandingan tersebut kemudian dapat dibentuk menjadi peta evolusi makhluk hidup yang disebut dengan pohon filogenik atau kladogram.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com