Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Organ Analog: Pengertian dan Contohnya

Kompas.com - 24/01/2022, 09:25 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis


KOMPAS.com – Makhluk hidup memiliki organ tubuh yang menunjukkan sifat homolog dan sifat analog. Organ-organ yang menunjukkan sifat analog adalah sayap kelelawar dan juga sayap capung.

Namun, sebenarnya apa itu organ analog dan apa saja contoh organ yang bersifat analog? Untuk mengetahui jawabannya, simaklah penjelasan berikut ini!

Pengertian organ analog

Organ analog adalah suatu istilah biologi dalam mempelajari evolusi. Dilansir dari Lumen Learning, para ilmu berusaha menyingap evolusi dengan cara menyelidiki morfologis (bentuk dan fungsi) dan genetik makhluk hidup.

Baca juga: Evolusi Menurut Para Ahli

Dari penyelidikan tersebut lahirlah apa yang disebut sebagai struktur analog. Istilah analog pertama kali digunakan oleh seorang ahli anatomi dan paleontologi asal Inggris bernama Sir Richard Owen sekitar abad ke-19.

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, struktur analog adalah fitur anatomi spesies berlainan yang mirip satu sama lain, namun memiliki asal usul evolusi dan pola perkembangan yang sangat berbeda.

Artinya, organ analog adalah organ tubuh makhluk hidup dengan fungsi yang sama namun memiliki asal embrio dan garis evolusi yang berbeda satu sama lain. Bisa dikatakan, dua spesies makhluk hidup yang memiliki organ analog mengembangkan evolusi konvergen.

Dilansir dari Biology Online, evolusi konvergen adalah jenis evolusi di mana organisme mengembangkan struktur dan fungsi yang serupa (analog) meskipun nenek moyang evolusiner mereka sangat berbeda atau tidak berhubungan.

Baca juga: Ciri-Ciri Evolusi

Contoh organ analog

Sayap serangga dan sayap burung

Sayap serangga dan sayap burung adalah contoh organ analog karena memiliki fungsi yang sama yaitu untuk terbang. Namun, burung dan serangga tidak memiliki garis evolusi yang sama karena berasal dari nenek moyang yang berbeda.

Organ penciuman kepiting dan serangga

Contoh lain dari organ analog adalah organ penciuman pada kepiting dan serangga. Organ penciuman sama-sama digunakan untuk mendeteksi bau, namun kepiting dan serangga berasal dari kelas arthropoda yang berbeda.

Baca juga: Persamaan dan Perbedaan Teori Darwin dan Lamarck Tentang Evolusi

Sayap tupai terbang dan sugar glider

Sayap tupai terbang dan sigar glider memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk membantu mereka meluncur dari tempat yang lebih tinggi seakan-akan sedang terbang.

Namun, sugar glider dan tupai terbang berasal dari kelas mamalia yang berbeda. Sugar glider merupakan mamalia berplasenta, sedangkan tupai terbang adalah mamalia berkantung.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com