Kompas.com - 22/01/2022, 11:00 WIB

KOMPAS.comTeras berita sering disebut lead. Dalam pemberitaan, teras berita berfungsi membangkitkan perhatian dan minat pembaca terhadap permasalahan yang dilaporkan, serta mempermudah pembaca dalam menangkap makna dan isi berita.

Lead berita merupakan bagian yang sangat penting. Karena lead memuat rangkuman atau inti dari keseluruhan isi berita.

Pengertian teras berita (lead)

Syaiful Halim dalam buku Reportase dan Produksi Berita Televisi (2012) menuliskan bahwa teras berita adalah paragraf yang berisikan fakta terpenting dari tubuh berita.

Teras berita terletak di bagian awal atau paragraf pertama di bawah judul berita. Tiap lead hendaknya ditulis untuk menarik pembaca agar mau melihat lebih lanjut isi pemberitaan. Sebab itu, teras berita harus ditulis menarik dan menggunakan kalimat pendek.

Menurut Hikmat Kusumaningrat dan Purnama Kusumaningrat dalam buku Jurnalistik Teori dan Praktik (2017), teras berita juga bisa diartikan sebagai kalimat pembuka yang memuat ringkasan berita.

Lead yang berisikan ringkasan mempermudah pembacaan berita, memuaskan rasa ingin tahu pembaca dengan segera, serta memudahkan redaktur dalam membuat judul berita.

Baca juga: Nilai Berita: Pengertian dan Kriterianya

Fungsi teras berita (lead)

Mitchell V. Charnley menyatakan bahwa teras berita yang baik dan efektif, hendaknya menampilkan pernyataan singkat dan tajam mengenai temuan fakta hakiki yang merupakan titik sentral dan kesatuan kisah, serta membatasi diri pada satu ide sentral.

Dikutip dari buku Panduan Menjadi Jurnalis Hebat (2020) oleh Info Gading, ada empat fungsi teras berita (lead), yaitu:

Atraktif

Artinya teras berita harus mampu membangkitkan perhatian serta minat khalayak terhadap permasalahan dan pokok peristiwa yang dibahas.

Introduktif

Fungsi teras berita adalah mengantarkan pokok permasalahan yang ditulis dengan tegas dan jelas, agar pembaca bisa mengenali dan merumuskan persoalannya.

Korektif

Kalimat dan paragraf pertama yang ditulis dalam teras berita hendaknya dapat memunculkan kalimat dan paragraf selanjutnya.

Kredibilitas

Fungsi teras berita ini artinya kredibilitas wartawan atau jurnalis bisa terlihat dari bagaimana caranya membentuk atau menulis teras berita.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.