Kompas.com - 27/01/2021, 20:15 WIB

KOMPAS.com - Ada dua ilmuwan terkemuka yang membicarakan tentang evolusi makhluk hidup.

Mereka adalah Jean-Baptiste Lamarck (1744-1829) dan Charles Darwin (1890-1882). Kedua ilmuwan tersebut mengemukakan teori evolusi yang berbeda namun tetap memiliki persamaan.

Untuk mengetahui perbedaan teori Darwin dan teori Lamarck, yuk kita simak penjelasan di bawah ini!

  • Tahun Dikemukakannya Teori

Dilansir dari Encyclopedia of the Environment, teori evolusi Lamarck dikemukakan pada tahun 1800 oleh seorang naturalis dan ahli biologi Prancis bernama Jean-Baptiste Lamarck dalam buku berjudul “Philosophie zoologique”.

Lima puluh tahuk kemudian seorang naturalis bernama Charles Darwin mengemukakan teori evolusi Darwin dalam bukunya yang berjudul “On the Origin of Species”.

  • Persamaan

Dilansir dari New England Complex Systems Institute, Lamarck dan Darwin setuju bahwa kehidupan berawal dari organisme sederhana yang sedikit dan berevolusi menjadi organisme kompleks yang lebih banyak.

Keduanya mengungkapkan teori evolusi yang bertentangan teori kreasionisme atau teori penciptaan secara spontan yang diyakini orang-orang pada masa tersebut.

Baca juga: Evolusi dan Berbagai Teorinya

  • Konsep Spesies

Lamarck beranggapan bahwa semua individu dalam spesies yang sama memiliki karakteristik yang identik. Misalkan pada jaman dahulu menurut Lamarck, semua jerapah memiliki leher yang pendek dan semua gajah memiliki belalai yang pendek.

Sedangkan Darwin beranggapan bahwa individu dalam spesies yang sama dapat memiliki karakteristik yang berbeda. Misalkan pada jaman dahulu, menurut Darwin ada jerapah yang memiliki leher panjang, namun ada juga yang memiliki leher pendek. Darwin beranggapan bahwa kebanyakan gajah memiliki belalai yang pendek dan sedikit diantaranya memiliki belalai panjang.

  • Mekanisme Terbentuknya Spesies Baru

Dilansir dari PEDIAA, Lamarck beranggapan bahwa terdapat dorongan internal dari individu untuk melakukan evolusi guna memenuhi kebutuhan hidup. Contohnya adalah pada jaman dahulu semua jerapah memiliki kaki dan leher yang pendek hampir mirip seperti kuda.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.