Kompas.com - 24/01/2022, 10:54 WIB
Contoh organ analog adalah tungkai depan tetrapoda bio.libretexts.orgContoh organ analog adalah tungkai depan tetrapoda


KOMPAS.com – Makhluk hidup memiliki berbegai organ tubuh untuk menunjang kehidupanya. Dalam ilmu evolusi, organ makhluk hidup digolongkan ke dalam organ analog dan juga organ homolog. Apa itu organ homolog?

Berikut adalah pengertian dari organ homolog pada makhluk hidup berserta contohnya!

Pengertian organ homolog

Untuk menyingkap evolusi dan asal muasal makhluk hidup, para ilmuan melakukan penyelidikan pada fungsi dan struktur makhluk hidup juga berdasarkan gennya. Kesamaan pada fungsi, struktur, dan gen membantu ilmuan untuk mengurutkan evolusi makhluk hidup.

Dari penyelidikan tersebut ada yang dinamakan struktur atau organ homolog. Dilansir dari Biology Online, struktur homolog adalah kesamaan struktur pada organisme dengan nenek moyang yang sama tetapi tidak berfungsi dengan cara yang sama.

Baca juga: Organ Analog: Pengertian dan Contohnya

Artinya, organ homolog adalah organ makhluk hidup dengan nenek moyang juga garis evolusi yang sama namun memiliki fungsi yang berbeda.

Dilansir dari Biology LibreTexts, organ homolog diukur dengan membandingkan urutan protein atau DNA. Makhluk hidup dengan urutan DNA dengan kesamaan tinggi berarti memiliki gen yang mirip.

Hal tersebut mendukung hipotesis bahwa kedua makhluk hidup tersebut memiliki nenek moyang evolusi yang sama.

Contoh organ homolog

Sayap kelelawar dan sirip ikan paus

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, sayap kelelawar dan sirip ikan paus keduanya beraal dari kaki depan nenek moyang mamalia awal yang sama. Namun, keduanya mengalami modifikasi dan adaptasi sehingga memiliki fungsi yang berbeda.

Sayap kelelawar digunakan untuk terbang, sedangkan sirip ikan paus digunakan untuk berenang.

Baca juga: Ciri-Ciri Evolusi

Tungkai depan tetrapoda

Contoh organ homolog adalah tungkai depan tetrapoda atau hewan berkaki empat. Hewan berkaki empat berevolusi menjadi berbagai jenis spesies, di mana tungkai depannya memiliki struktur yang hampir sama namun memiliki fungsi yang berbeda.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.