Kompas.com - 29/01/2022, 15:56 WIB


KOMPAS.com – Metal atau logam adalah suatu benda yang dapat menghantarkan panas dan juga listrik. Logam sering direkayasa untuk membuat bergai instrument elektronika, salah satunya adalah bimetal. Apa yang dimaksud dengan bimetal?

Pengertian bimetal

Dilansir dari Scientific American, bimetal adalah bahan khusus yang memanfaatkan sifat ekspansi termal yang berbeda. Istilah bimetal berasal dari dua kata yaitu “bi” yang berarti dua dan “metal” yang berarti logam.

Istilah tersebut mewakili bimetal yang terbuat dari dua lapisan logam yang disatukan menjadi satu benda dengan sifat ekspansi termal berbeda.

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, ekspansi termal adalah peningkatan umum volume material karena suhunya meningkat. Sederhanya ekspansi termal adalah pemuaian benda akibat panas. Logam dengan jenis berbeda, memiliki besar pemuaian yang berbeda pula.

Baca juga: Suhu dan Pemuaian

Sifat-sifat bimetal

Konduktor listrik dan panas

Karena terbuat dari logam, bimetal memiliki sifat konduktor. Bimetal dapat menghantarkan listrik dan juga panas dengan baik.

Melengkung saat terkena panas

Sifat yang paling menonjol dari bimetal adalah melengkung ketika terkena panas. Mengapa bimetal dapat melengkung ketika terkena panas? Dilansir dari Lumen Learning, peningkatan suhu meningkatkan energi kinetik logam yang mendorong molekulnya saling menjauh.

Hal ini mengakibatkan terjadinya pemuaian. Namun, besar pemuaian logam berbeda-beda sesuai dengan koefisien ekspansi termal atau koefisien muainya.

Baca juga: Pemuaian dan Jenisnya

Makin besar koefisien ekspansi termalnya, maka akan makin besar pemuaian yang terjadi akibat panas. Sedangkan, makin kecil koefisien ekspnasi termalnya maka akan makin kecil pemuaian yang terjadi akibat panas yang sama.

Bimetal terdiri dari dua buah logam dengan koefisien ekspansi termal yang berbeda. Satu logam memiliki koefisien ekspansi yang lebih besar dari logam lainnya pada bimetal. Ketika bimetal terkena panas, satu lapisan besi akan memuai lebih banyak dari lapisan lainnya.

Hal tersebut membuat logam dengan koefisien lebih besar memanjang dan tertarik oleh logam dengan koefisien lebih kecil. Akibatnya, bimetal melengkung ke arah logam dengan koefisien ekspansi termal yang lebih kecil.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.