Kompas.com - 11/01/2022, 17:20 WIB


KOMPAS.comHutan merupakan sumber daya yang sangat penting bagi manusia dan makhluk hidup lainnya. Selain negara indonesia, negara yang mempunyai kekayaan hutan sangat melimpah di dunia yaitu Rusia, Brazil, Kanada, Amerika Serikat, China, Australia, Kongo, Peru, dan India.

Food and Agriculture Organization of the United Nations (FAO) dan United Nations Environmental Programme (UNEP) dalam buku The State of the Worlds of the World’s Forest: Forest, biodiversity and People (2020), menyebutkan luas total hutan dunia pada tahun 2020 adalah 4,06 miliar hektar.

Lebih lanjut, buku tersebut menyebutkan bahwa sekitar 66% luas hutan dunia ditemukan dalam 10 negara. 10 negara tersebut adalah negara dengan hutan terluas di dunia.

Berikut adalah 10 negara dengan kekayaan hutan melimpah berdasarkan luas hutannya pada tahun 2020 berdasarkan Food and Agriculture Organization of the United Nations!

Baca juga: Hutan Tropis sebagai Paru-Paru Dunia

10 Negara dengan Hutan Terluas di DuniaKompas.com/SILMI NURUL UTAMI 10 Negara dengan Hutan Terluas di Dunia

Rusia

Urutan pertama negara dengan hutan terluas di dunia diduduki oleh Rusia. Rusia adalah negara terluas di dunia. Rusia memiliki hutan seluas 815 juta hektar, membuatnya menyumbang sekitar 20 persen dari total luas hutan dunia.

Brazil

Urutan kedua negara dengan sumber daya hutan melimpah diduduki oleh Brazil. Brazil memiliki hutan seluas 497 juta hektar atau sekitar 12 persen dari total luas hutan dunia.

Kanada

Urutan ketiga negara dengan hutan terluas di dunia diduduki oleh Kanada. Menurut Council of Canadian Forest Ministers, Kanada memiliki hutan seluas 347 juta hektar atau sekitar sembilan persen dari total luas hutan dunia.

Baca juga: Apa yang Terjadi jika Pohon di Hutan Semakin Berkurang?

Amerika Serikat

Dilansir dari U.S. Forest Service, Amerika Serikat memiliki kawasan hutan terbesar keempat di dunia. Amerika memiliki 310 juta hektar hutan yang menyumbang sekitar delapan persen dari total luas hutan dunia.

China

Urutan kelima negara dengan luas hutan terbesar di dunia diduduki oleh negara terluas ketiga di dunia, yaitu China. China memiliki hutan seluas 220 juta hektar atau sekitar lima persen dari total luas hutan dunia.

Australia

Australia menduduki urutan keenam negara dengan hutan terluas di dunia. Benua terkecil di dunia ini menyumbang tiga persen hutan dunia dengan 134 juta hutan di negaranya.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.