Kompas.com - 10/01/2022, 18:44 WIB


KOMPAS.comBola adalah bangun ruang tiga dimensi yang sering dijumpai dalam kehidupan manusia. Seperti bangun ruang lainnya, bola memiliki unsur-unsur pembentuknya.

Bola adalah bangun ruang yang hanya terdiri dari satu sisi lengkung saja. Hal tersebut membuat bola tidak memiliki rusuk maupun sudut. Unsur-unsur bola adalah titik pusat, jari-jari, diameter, volume, dan juga luas permukaan.

Titik pusat

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, titik pusat adalah titik dalam bola yang jaraknya sama dari segala arah permukaan bola. Titik pusat berada tepat di tengah-tengah bola, di mana semua garis lurus yang melewatinya memiliki panjang yang sama.

Baca juga: Unsur-unsur Tabung, Rumus, dan Contoh Soal

Titik pusat bolaKompas.com/SILMI NURUL UTAMI Titik pusat bola

Jari-jari

Jari-jari bola adalah garis lurus yang berpangkal di titik pusat dan berakhir di permukaan bola. Nilai jari-jari bola akan selalu sama di titik manapun di permukaan bola. Jari-jari dilambangkan oleh huruf “r”.

Jari-jari bolaKompas.com/SILMI NURUL UTAMI Jari-jari bola

Sisi bola

Bola hanya memiliki satu sisi, yaitu sisi lengkung yang membungkus semua titik permukaan benda membentuk suatu permukaan yang melengkung. Sederhananya, sisi bola adalah semua bagian luar dari bola.

Diameter

Dilansir dari Cuemath, diameter adalah garis lurus dari satu titik di permukaan bola ke titik lain permukaan bola yang melalui titi pusat bola. Sama seperti jari-jari, di manapun titik diameter berawal dan berakhir (asalkan tetap melewati pusat) maka nilainya adalah sama.

Diameter dilambangkan oleh huruf “d”. Nilai diameter adalah dua kali nilai jari-jari bola. Maka d = 2R atau R = ½ d.

Baca juga: Cara Menghitung Luas Permukaan Bola

Diameter bolaKompas.com/SILMI NURUL UTAMI Diameter bola

Rumus-rumus bola

Bangun ruang bola dapat dihitung volume dan luas permukaannya dengan rumus sebagai berikut:

Volume

Bola merupakan bangun ruang tiga dimensi, sehingga memiliki volume. Bola tidak memiliki rusuk, sehingga volumenya dihitung berdasarkan jari-jari atau diameternya.

V = 1/6πd³ = 4/3πr³

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.