Kompas.com - 02/03/2021, 20:51 WIB
Ilustrasi bola FreepikIlustrasi bola

KOMPAS.com - Bola adalah bangun ruang berbentuk bulat yang bukan merupakan polygon. Bangun ruang berbentuk bola dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, dimulai dari bola sepak, bola takraw, bola voli, bola basket, bola baseball, lampu taman, bahkan bentuk Matahari dan planet adalah bola.

Bola tidak memiliki rusuk maupun sudut. Dilansir dari Study, bola adalah bangun ruang dengan volume yang besar namun luas permukaannya kecil. Hal ini berarti dengan luas permukaan yang sempit, bola tetap memiliki volume terbesar jika dibandingkan dengan bangun ruang lainnya.

Bola memiliki jari-jari yaitu jarak dari pusat (center) ke setiap titik pada permukaan bola. Jari-jari bola akan selalu sama pada setiap titiknya. Bola juga memiliki diamter yaitu jarak antar titik pada permukaan bola yang melewati pusat. Diameter bola juga akan selalu tetap.

Kompas.com/SILMI NURUL UTAMI Bangun ruang bola


Kompas.com/SILMI NURUL UTAMI Rumus volume bola

V = volume bangun bola (m^3)
d = diameter bola (m)
r = jari-jari/ rasio bola (m)

Agar lebih memahami cara menghitung volume bidang ruang bola, yuk kita simak pembahasan soal di bawah ini!

  • Contoh Soal

1. Berapakah volume bola dengan diameter 21 cm jika π = 22/7?

Jawaban:

Kompas.com/SILMI NURUL UTAMI Perhitungan volume bola

2. Volume bola terbesar yang dapat dimasukkan ke dalam kubus dengan rusuk 12 cm adalah…

Jawaban:

Kubus tersebut memiliki panjang rusuk 12 cm, hal ini berarti diameter maksimal bola yang dapat masuk adalah 12 cm juga.

Kompas.com/SILMI NURUL UTAMI Perhitungan volume bola dengan diameter

Setelah mengetahui diamter bola, maka kita dapat mengetahui jari-jari bola. Ingatlah bahwa jari-jari merupakan setengah dari diameter, sehingga jari-jari bola tersebut adalah 6 cm.

Kompas.com/SILMI NURUL UTAMI Perhitungan volume bola dengan jari-jari

Dari perhitungan baik menggunakan diamter maupun jari-jari dapat diketahui bahwa diameter maksimal bola dalam suatu kubus 12 cm adalah 904,32 cm^3.


Sumber Study.com
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X