Kompas.com - 01/03/2021, 19:19 WIB
Ilustrasi cuaca panas, heat stroke ShutterstockIlustrasi cuaca panas, heat stroke

KOMPAS.com - Cuaca merupakan bagian kehidupan sehari-hari manusia di dunia. Cuaca disetiap planet berbeda-beda tergantung pada jarak planet dengan matahari.

Dalam buku Tata Ruang (2010) oleh Robert J Kodoatie, panas matahari membuat air dan udara bergerak di sekitar bumi. Hal tersebut menyebabkan terjadinya cuaca.

Cuaca adalah keadaan atmosfer di suatu tempat dalam waktu tertentu yang berkaitan dengan suhu udara, sinar matahari, angin, hujan, dan kondisi udara lainnya.

Jenis-jenis cuaca meliputi hujan, panas, saljum angin, dan badai. Jenis-jenis ini tergantung pada temperatur, pergerakan udara dan tekanan udara di sutu wilayah.

Baca juga: Perbedaan Musim, Iklim, dan Cuaca

Berikut penjelasan kondisi cuaca yang sering terjadi di Bumi, yakni:

  • Cuaca cerah

Cuaca yang menunjukkan langit dalam kondisi terang, sinar matahari terpancar terang namun tidak menyengat. Masih terdapat awan tipis di langit.

  • Cuaca berawan

Cuaca yang menunjukkan langit memiliki banyak awan. Awan merupakan kumpulan uap air yang terdapat di udara.

  • Cuaca panas

Beberapa temoat di bumi menerima lebih banyak sinar matahari sehingga lebih panas dibandingkan wilayah lain. Cuaca panas yaitu sinar matahari yang hangat di sekeliling bumi. Biasanya terjadi di wilayah-wilayaj garis khatulistiwa, seperti Indonesia.

  • Cuaca dingin

Diperngaruhi oleh kelembaban udara, kecepatan angin dan suku udara di suatu daerah pada waktu tertentu. Jika kelembaban udara tinggi, maka angin akan kencang dan suhu udara rendah dan wilayah tersebut dikatakan dingin.

Baca juga: Penyebab Terjadinya Perbedaan Musim di Bumi

  • Cuaca berangin

Udara yang bergerak dari daerah yang bertekanan tinggi ke daerah yang bertekanan rendah. Di waktu sianghari, daratan lebih cepat panas dibandingkan lautan.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X