Kompas.com - 01/03/2021, 23:31 WIB
Ilustrasi masyarakat, komunitas ShutterstockIlustrasi masyarakat, komunitas

KOMPAS.com - Norma sangat penting dan diperlukan dalam lingkungan masyarakat. Tujuannya agar kehidupan dapat berjalan tertib, teratur dan untuk mencegah perselisihan.

Indonesia terkenal akan kemajemukannya. Ada berbagai suku bangsa, budaya, bahasa serta agama di Indonesia, norma diperlukan untuk mengatur tingkah laku masyarakat agar tidak menimbulkan benturan kepentingan yang dapat mengarah pada perpecahan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), norma merupakan ketentuan yang bersifat mengikat, digunakan sebagai panduan dan pengendali tingkah laku yang sesuai.

Ada empat norma yang berlaku di masyarakat Indonesia. Keempat norma ini sangatlah penting dan saling berkaitan satu dengan yang lain.

Dilansir dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), berikut empat norma yang berlaku di masyarakat:

Norma agama

Norma agama berasal dari wahyu ilahi. Norma ini berisikan aturan hidup yang mencakup perintah, larangan dan ajaran yang berasal dari Tuhan Yang Maha Esa.

Baca juga: Norma Kesusilaan: Definisi dan Peran

Setiap manusia wajib menaati norma agama karena norma ini akan menuntun manusia ke jalan hidup yang benar. Contoh penerapan norma agama ialah menjalankan peribadatan sesuai dengan agama yang dianutnya.

Norma agama tidak hanya mengatur hubungan manusia dengan pencipta-Nya. Namun, norma ini juga mengatur hubungan dan tingkah laku manusia dengan sesama makhluk hidup.

Contohnya menghormati agama lain dengan bertoleransi, membantu sesama, merawat lingkungan alam serta membantu orang yang berkesusahan. 

Jika tidak melaksanakan atau menaati norma agama, sanksi yang diberikan berupa dosa (disesuaikan dengan ajaran agama yang dianut).

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X