Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Benda yang Dihasilkan Perajin Gerabah

Kompas.com - 18/11/2021, 10:00 WIB
Silmi Nurul Utami,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.comGerabah adalah salah satu kerajinan yang sudah dibuat manusia sejak lama. Dilansir dari World History Encyclopedia, gerabah telah dibuat sejak zaman Neolitik sekitar 8.000 tahun Sebelum Masehi.

Contoh benda gerabah

Contoh benda yang dihasilkan oleh perajin gerabah adalah: 

Guci

Guci merupakan contoh benda yang dihasilkan oleh perajin tembikar. Guci ada yang terbuat dari gerabah biasa dan ada juga yang terbuah dari gerabah khusus. Sehingga menghasilkan keramik putih yang mengilap atau biasa disebut dengan porselen.

Pengerajin gerabah membuat guci dalam berbagai ukuran dan berbagai hiasan. Guci porselen ditemukan oleh di China dan semenjak itu populer di kalangan para bangsawan untuk menunjukkan kekayaannya.

Peralatan memasak

Gerabah dibuat dari tanah liat yang dibentuk lalu dibakar pada suhu sekitar 1.000 hingga 1.200 derajat selsius. Pembakaran tersebut menghasilkan gerabah yang keras dan memiliki ketahanan akan suhu.

Baca juga: Manfaat dari Benda Gerabah

Menyadur dari Encyclopedia Britannica, gerabah memiliki sifat tahan panas dan tahan dingin sehingga praktis untuk memasak dan juga membekukan makanan.

Oleh karena itu, gerabah kerap kali dibuat menjad peralatan memasak oleh para perajin. Contoh peralatan memasak yang dihasilkan perajin gerabah adalah kuali, panci, belanga, tungku api, dan juga periuk.

Peralatan makan

Perajin gerabah juga menghasilkan peralatan makan dari tanah liat. Contoh peralatan makan dari gerabah adalah piring, mangkok, cangkir, cobek, sendok, dan juga teko air.

Patung

Patung merupakan salah satu benda yang dihasilkan oleh perajin gerabah. Patung merupakan kerajinan gerabah berupa seni murni yang lahir jauh sebelum gerabah dipergunakan sebagai seni kriya.

Mengutip dari Visual Arts Encyclopedia, patung gerabah pertama dibuat sekitar 25 ribu tahun Sebelum Masehi di Republik Ceko.

Selain benda-benda di atas, penghasil gerabah juga menghasilkan berbagai benda yang digunakan dalam kehidupa sehari-hari. Misalnya batu bata, genting, asbak, keranjang, hberbagai hiasan, dan pot tumbuhan.

Baca juga: Teknik Pembuatan Gerabah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com