Kompas.com - 18/11/2021, 08:00 WIB
Ilustrasi contoh nasikah iklan kesehatan organ peredaran darah KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi contoh nasikah iklan kesehatan organ peredaran darah

KOMPAS.com – Kita kerap kali melihat iklan berbagai produk baik barang maupun jasa. Salah satu media penyiaran iklan adalah media elektronik.

Rahmiyati dalam jurnal Media Cetak dan Elektronik dalam Bimbingan Penyuluhan (2015) menyebutkan bahwa media elektronik adalah media yang menggunakan energi elektromekanis untuk menyiarkan kontennya.

Contoh media elektromagnetik yang dapat digunakan untuk penyiaran iklan kesehatan organ peredaran darah adalah televisi, radio, dan juga internet. Iklan di media elektronik disajikan berdasarkan rancangan naskah.

Philip Kotler dalam buku Manajemen Pemasaran (2002), iklan merupakan segala bentuk penyajian non personal dan promosi ide, barang, atau jasa oleh suatu sponsor yang memerlukan pembayaran.

Sehingga, rancangan naskah iklan memberikan informasi, namun juga bersifat persuasif sehingga penonton iklan tertarik untuk membeli produk tersebut.

Baca juga: Contoh Naskah Drama Tentang Pendidikan

Contoh naskah iklan kesehatan organ peredaran darah

Berikut adalah contoh rangkaian naskah iklan media elektronik tentang kesehatan organ peredaran darah:

Tema: Multivitamin peredaran darah

Kata kunci:

  1. Kesehatan peredaran darah
  2. Kandungan multivitamin
  3. Bahaya terganggunya kesehatan organ peredaran darah

Pemeran

Pemeran 1: Irwan, seorang siswa yang sedang melakukan pembelajaran daring.
Pemeran 2: Ardi, teman sekolah Irwan yang gemar berolahraga

Iklan

Irwan: Sedang rebah di atas ranjangnya sembari bermain telepon genggam.
Ardi: “Hai Wan, lagi ngapain?” tanya Ardi sembari masuk ke kamar Irwan.
Irwan: “Hai Di, lagi rebahan aja nih. Sini makan, aku baru beli makanan cepat saji”.
Ardi: “Ko rebahan terus? Emangnya udah gaada kelas?
Irwan: “Udah beres Di. Sejak sekolah daring aku gapernah keluar rumah, paling rebahan aja di kamar sambil main game”.
Ardi: “Rebahan terus ga sehat loh wan, soalnya bisa menganggu peredaran darah. Ditambah lagi kamu makan makanan cepat saji yang bisa berpengaruh buruk buat kesehatan”.
Irwan: “Memangnya apa pengaruh buruknya Di?”.
Ardi: “Semakin lama kamu rebahan, kamu bakal ngerasa semakin capek dan pegal-pegal. Itu karena peredaran darah kamu terganggu saat tiduran dengan posisi yang sama berjam-jam. Belum lagi makan makanan cepat saji bisa bikin kolesterol. Kolesterol yang menumpuk akan menganggu peredaran darah dan membuat kita rentan terserang penyakit seperti penyakit jantung dan stroke”.
Irwan: “Aku baru tau Di, menyeramkan juga ya. Terus apa yang harus aku lakuin buat menjaga kesehatan peredaran darahku?”.
Ardi: “Kamu harus rajin berolahraga, makan makanan bergizi, jauhi stress, dan pastinya mengonsumsi multivitamin penambah darah ini!”
Irwan: “Multivitamin apa itu Di?”
Ardi: “Ini multivitamin penambah darah dari berbagai tanaman herbal yang mengandung vitamin E, vitamin B, dan zat besi yang bagus untuk memelihata kesehatan tubuh.
Irwan: “Wah aku mau dong Di, biar aku terhindar dari penyakit peredaran darah. Belinya di mana Di?
Ardi: “Nih ambil aja punyaku Di. Aku tinggal beli lagi di apotek atau minimarket terdekat, harganya juga murah dan sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan peredaran darah. Jangan lupa diminum setiap hari ya Wan.

Baca juga: Naskah Drama Pendek Penerapan Sikap Toleransi dalam Hidup Sehari-Hari

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.