Kompas.com - 17/11/2021, 16:00 WIB
Ilustrasi pengertian seni audiovisual KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi pengertian seni audiovisual

KOMPAS.comSeni audiovisual termasuk dalam pembagian seni menurut Oswald Kulpe. Pembagian ini didasarkan pada indra apa yang berperan untuk menikmati sebuah karya seni.

Pengertian seni audiovisual

Seni audiovisual adalah jenis seni yang dapat dinikmati oleh indra pendengaran dan indra penglihatan.

Menurut Mansurdin dalam buku Pembudayaan Literasi Seni di SD (2020), seni audiovisual melahirkan karya seni yang memadukan gerak (dilihat menggunakan indra penglihatan) dan nada (didengar menggunakan indra pendengaran).

Manfaat seni audiovisual

Manfaat utama dari seni audiovisual adalah memudahkan orang untuk menikmati karya seni. Dengan seni audio visual, orang bisa melihat, menikmati, dan mencerna seni yang ditampilkan.

Selain itu, seni audiovisual juga mempermudah orang atau penonton dalam memahami pesan atau hal yang ingin disampaikan dalam sebuah karya seni.

Baca juga: Contoh Iklan Audio Visual

Macam seni audiovisual

Seni audiovisual dapat dibagi menjadi tiga macam, yakni:

Seni tari

Dikutip dari jurnal Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Keterampilan Menarikan Rantaya Putra Alus Melalui Pemanfaatan Media Audio Visual bagi Siswa Kelas VII E SMP Negeri 24 Surakarta pada Semester Dua Tahun Pelajaran 2015/2016 (2018) karya R. Tutik Yusriyanti, seni tari adalah seni gerak tubuh secara berirama yang dilakukan untuk mengungkapkan perasaan, maksud, dan pemikiran.

Seni tari termasuk seni audiovisual karena memadukan gerakan tari yang bisa disaksikan lewat indra penglihatan, dan nada musik yang didengar lewat indra pendengaran.

Seni teater atau seni drama

Melansir dari Kesenian sebagai Media Dakwah Sunan Kalijaga (2020) karya Widhi Salikha Pratiwi, seni teater adalah hasil ciptaan manusia yang dimainkan dengan membuat skenario atau naskah, kemudian diikuti aksi drama yang diiringi seni musik.

Seni teater atau seni drama termasuk seni audiovisual karena memadukan penampilan visual berupa gerak tubuh pemainnya, serta suara berupa iringan musik serta pelafalan naskah atau dialog.

Baca juga: Mengenal Seni Mural dan Cara Membuatnya

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.