Kompas.com - 18/11/2021, 09:00 WIB
Ilustrasi pengertian coding KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi pengertian coding

KOMPAS.com – Di zaman modern ini penggunaan komputer sudah menjadi salah satu kebutuhan manusia.

Dalam penggunaan komputer dan pembuatan programnya seringkali terdengar istilah coding. Coding adalah kegiatan menulis atau merangkai sekumpulan kode untuk memberikan perintah kepada komputer.

Dilansir dari Techopedia, coding merupakan metode utama untuk komunikasi manusia dengan mesin.

Coding menuliskan kode berupa bahasa pemrograman yang dapat dimengerti oleh komputer, sehingga komputer bisa melakukan perintah yang diberikan oleh manusia.

Baca juga: Apa Kegunaan SEO?

Manfaat coding

Beberapa manfaat coding, sebagai berikut:

Membuat website dan aplikasi

Coding bermanfaat untuk pembuatan berbagai macam website. Mengutip dari Encyclopedia Britannica, website adalah kumpulan dokumen dan sumber daya terkait yang dapat diakses melalui World Wide Web (WWW) dan diatur di bawah nama domain tersebut.

Pembuatan domain, tampilan website, dokumen terkait seperti foto, video, dan website lainnya dibuat melalui coding dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman.

Selain pembuatan website, coding juga digunakan sebagai metode pembuatan aplikasi. Baik aplikasi pada ponsel pintar maupun pada komputer, semuanya dibuat melalui coding.

Mengembangkan kemampuan berpikir logis

Coding bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan berpikir logis karena penulisan kode tidak bisa dilakukan sembarangan, melainkan memiliki algoritma tertentu. Menyadur dari The Tech Terms, algoritma adalah seperangkat instruksi yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu.

Pengkodean algoritma harus dilakukan dengan logis untuk menghasilkan instruksi yang tersetruktur. Jika tidak, hasil yang dikeluarkan komputer akan berbeda dengan apa yang diinginkan.

Baca juga: Ciri-ciri Algoritma Pemrograman

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.