Kompas.com - 23/10/2021, 17:00 WIB
Burung merak. ShutterstockBurung merak.

KOMPAS.comBurung merak selama berabad-abad dinilai sebagai salah satu hewan paling cantik di dunia.

Merak memiliki bulu berwarna-warni dengan motif yang menawan. Namun, apakah sebenarnya yang membuat bulu merak berwarna-warni berkilauan tersebut?

Dilansir dari National Geographic, merak memiliki barisan bulu khas yang panjangnya lebih dari 60 persen dari total panjang tubuh burung dan menonjolkan tanda seperti mata berwarna-warni seperti biru, merah, emas, hijau, dan warna lainnya.

Pewarnaan struktural bulu

Namun tahukah kamu warna-warni bulu burung tersebut tidaklah dihasilkan oleh pigmen seperti bulu pada umumnya? Warna-warni tersebut dihasilkan dari pewarnaan struktural bulu burung merak.

Bulu burung merak terdiri dari batang panjang yang kaku dan barisan barbule (duri kecil) di samping kanan kirinya. Ketika diteliti dengan pemindaian mikroskop elektron (SEM), barbule tersebut memiliki struktur yang sangat teratur.

Baca juga: Bisakah Burung Terbang di Luar Angkasa?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Suntrana (Tran) Smyth dalam jurnal What Makes Peacock Feather Colorful? (2007), struktur ini terdiri dari batang melanin yang diselingi dengan lubang udara dan terintegrasi dengan keratin.

Struktur tersebut merupakan kristal fotonik yang memiliki kemampuan menghambat dan mempolarisasi cahaya yang kemudian menghasilkan warna bergantung dengan strukturnya

Dilansir dari The New York Times, barbules menciptakan warna bergantung pada seberapa dekat jarak antar batang dan berapa banyak lapisan batang yang ditumpuk.

Jarak tersebut disebut dengan kisi dalam skala nano. Kisi sebesar 140 nanometer menghasilkan warna biru, kisi sebesar 150 nanometer menghasilkan warna hijau, kisi sebesar 165 nanometer menghasilkan warna kuning muda yang lembut, kisi sebesar 150 hingga 185 nanometer menghasilkan warna coklat dan tembaga, kisi dengan jarak lain dapat menghasilkan warna yang berbeda pula.

Sehingga warna-warni yang berada pada bulu burung merak merupakan peristiwa optik dari kristal fotonik yang memantulkan panjang gelombang cahaya tertentu. Para ilmuan banyak terkesima dengan pewarnaan struktural bulu merak ini dan melihat potensi penerapannya dalam aplikasi di dunia teknik.

Baca juga: Paruh Burung: Bentuk dan Fungsinya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.