Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Burung Hantu disebut Burung Hantu?

Kompas.com - 04/04/2021, 14:00 WIB
Silmi Nurul Utami,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Burung hantu adalah salah satu jenis burung yang memiliki ciri fisik yang sangat unik. Namun tahukah kamu mengapa burung hantu disebut burung hantu?

Nama hantu diberikan karena burung hantu adalah makhluk nokturnal, terlihat seram dengan mata besar berada di depan tidak ke samping seperti burung lainnya, lehernya dapat berputar ke belakang, dan mereka terbang tanpa menghasilkan suara sama sekali.

Kemampuan Terbang Tanpa Suara

Kemampuannya terbang tanpa menghasilkan suara membuat burung hantu seperti hantu yang tiba-tiba muncul dari suatu tempat.

Hampir semua burung terbang dengan menghasilkan suara. Dilansir dari National Audobon Society, ketika terbang sayap menyebabkan turbulensi udara menhasilkan suara.

Semakin besar dan cepat burung tersebut, maka akan semakin rebut suara yang dihasilkan penerbanyannya.

Baca juga: Alasan Ular Sering Menjulurkan Lidahnya

Namun hal ini tidak berlaku pada burung hantu bahkan satu spesies burung hantu Barn owl tidak menghasilkan suara sama sekali saat terbang. Hal ini disebabkan oleh sayap dan bulu burung hantu yang didesain untuk terbang tanpa suara (silent flight).

Bulu burung hantu yang bergerigiwikipedia Bulu burung hantu yang bergerigi

Dilansir dari How Stuff Works, bulu utama burung hantu bergerigi seperti sisir sehingga dapat memecah turbulensi udara menjadi arus yang lebih kecil sehingga tidak menghasilkan suara.

Selain bulu utama yang bergerigi, burung hantu memiliki bulu sekunder yang sangat lembut. Turbulensi yang dipecah oleh bulu utama kemudian dipecah kembali oleh bulu sekunder dan menyerap suara desiran yang dihasilkan kepakan sayap.

Mekanisme sayap inilah yang membuat burung hantu yang besar dengan kecepatan hampir 40 mil per jam dapat terbang melintasi pepohonan tanpa suara sedikitpun. Burung hantu tiba-tiba muncul tanpa suara mengejutkan dan menerkam mangsanya dengan cakar yang besar dan tajam.

Baca juga: Penyebab Buah Manis dan Asam

Leher yang dapat berputar

Leher burung hantu dapat menoleh hingga 270 derajat sehingga terlihat dapat berputar ke belakang. Dilansir dari Live Science, burung hantu memiliki 14 tulang leher yaitu dua kali lipat dari tulang yang dimiliki manusia juga memiliki lubang sebsar 10 kali ukuran arteri.

Sehingga terdapat banyak ruang untuk bergerak. Hal ini membuat burung hantu dapat menoleh ke balik punggunya, mengganti peran matanya yang tidak dapat digerakkan secara leluasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com