Kompas.com - 20/09/2021, 15:30 WIB
Ilustrasi tepat waktu freepik.com/ lifeforstockIlustrasi tepat waktu

KOMPAS.com - Datang terlambat merugikan diri sendiri dan juga orang lain. Maka dari itu dibutuhkan beberapa rencana yang bisa diterapkan atau dilaksanakan, supaya tidak lagi datang terlambat.

Mengutip dari jurnal Analisis Perilaku Terlambat pada Peserta Didik SMP Negeri 2 Sungai Raya (2019) karya Syarifah Runika Umaria, datang terlambat merupakan bentuk pelanggaran terhadap tata tertib atau aturan yang telah ditentukan.

Cara supaya tidak datang terlambat

Kebiasaan datang terlambat merupakan bentuk sikap tidak disiplin dan tidak menghargai waktu. Agar bisa mengubah kebiasaan ini, diperlukan beberapa rencana yang kemudian dapat dilaksanakan.

Dilansir dari situs Time, ada beberapa cara yang bisa dilakukan supaya kita tidak dapat terlambat, yakni:

  • Mengatur waktu sebaik mungkin

Cobalah untuk mengatur waktu sebaik mungkin, khususnya ketika ada kegiatan yang harus didatangi. Contohnya untuk bisa datang tepat waktu ke sekolah, saya harus berangkat pukul 06.00 karena jarak rumah saya dengan sekolah cukup jauh.

Baca juga: Alasan Seorang Pelajar Wajib Mengumpulkan Tugas Tepat Waktu

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Pikirkan berapa waktu yang dibutuhkan agar bisa datang tepat waktu

Perkirakan berapa banyak waktu yang diperlukan agar bisa sampai tujuan dalam waktu yang tepat. Usahakan untuk datang atau sampai tempat tujuan lebih awal.

Contoh rencana supaya tidak datang terlambat

Apa yang menjadi rencanamu supaya kamu tidak terlambat lagi?
Berikut ini beberapa contoh rencana supaya tidak datang terlambat lagi:

Contoh 1:

Agar besok saya tidak terlambat datang ke sekolah, saya harus menyelesaikan tugas lebih awal dan tidur lebih cepat. Sebelum tidur, saya akan mempersiapkan semua kebutuhan sekolah, dan mengeceknya kembali agar tidak ada yang ketinggalan. Besok pagi saya akan berangkat ke sekolah pukul 06:15 WIB, karena jarak rumah yang cukup jauh dengan sekolah.

Contoh 2:

Agar besok tidak terlambat datang kerja kelompok, saya harus mempersiapkan barang apa saja yang akan dibawa besok. Saya akan mandi dan sarapan, satu setengah jam sebelum berangkat. Karena kerja kelompok dimulai pukul 10.00 WIB, saya akan berangkat pukul 09.30 karena jaraknya yang cukup dekat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Sumber TIME
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.