Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Rencana Supaya Tidak Datang Terlambat

Kompas.com - 20/09/2021, 15:30 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

Sumber TIME

KOMPAS.com - Datang terlambat merugikan diri sendiri dan juga orang lain. Maka dari itu dibutuhkan beberapa rencana yang bisa diterapkan atau dilaksanakan, supaya tidak lagi datang terlambat.

Mengutip dari jurnal Analisis Perilaku Terlambat pada Peserta Didik SMP Negeri 2 Sungai Raya (2019) karya Syarifah Runika Umaria, datang terlambat merupakan bentuk pelanggaran terhadap tata tertib atau aturan yang telah ditentukan.

Cara supaya tidak datang terlambat

Kebiasaan datang terlambat merupakan bentuk sikap tidak disiplin dan tidak menghargai waktu. Agar bisa mengubah kebiasaan ini, diperlukan beberapa rencana yang kemudian dapat dilaksanakan.

Dilansir dari situs Time, ada beberapa cara yang bisa dilakukan supaya kita tidak dapat terlambat, yakni:

  • Mengatur waktu sebaik mungkin

Cobalah untuk mengatur waktu sebaik mungkin, khususnya ketika ada kegiatan yang harus didatangi. Contohnya untuk bisa datang tepat waktu ke sekolah, saya harus berangkat pukul 06.00 karena jarak rumah saya dengan sekolah cukup jauh.

Baca juga: Alasan Seorang Pelajar Wajib Mengumpulkan Tugas Tepat Waktu

  • Pikirkan berapa waktu yang dibutuhkan agar bisa datang tepat waktu

Perkirakan berapa banyak waktu yang diperlukan agar bisa sampai tujuan dalam waktu yang tepat. Usahakan untuk datang atau sampai tempat tujuan lebih awal.

Contoh rencana supaya tidak datang terlambat

Apa yang menjadi rencanamu supaya kamu tidak terlambat lagi?
Berikut ini beberapa contoh rencana supaya tidak datang terlambat lagi:

Contoh 1:

Agar besok saya tidak terlambat datang ke sekolah, saya harus menyelesaikan tugas lebih awal dan tidur lebih cepat. Sebelum tidur, saya akan mempersiapkan semua kebutuhan sekolah, dan mengeceknya kembali agar tidak ada yang ketinggalan. Besok pagi saya akan berangkat ke sekolah pukul 06:15 WIB, karena jarak rumah yang cukup jauh dengan sekolah.

Contoh 2:

Agar besok tidak terlambat datang kerja kelompok, saya harus mempersiapkan barang apa saja yang akan dibawa besok. Saya akan mandi dan sarapan, satu setengah jam sebelum berangkat. Karena kerja kelompok dimulai pukul 10.00 WIB, saya akan berangkat pukul 09.30 karena jaraknya yang cukup dekat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com