Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Cara Mengatur Waktu?

Kompas.com - 20/09/2021, 14:30 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.comMengatur waktu bisa dilatih dan ditanamkan sejak dini. Apabila rutin dilakukan, kebiasaan mengatur waktu akan berdampak positif untuk diri sendiri serta lingkungan sekitar.

Menurut Arif Ganda Nugroho dan kawan-kawan, dalam buku Mewujudkan Kemandirian Indonesia melalui Inovasi Dunia Pendidikan (2021), mengatur waktu sangat bermanfaat bagi hal atau aktivitas yang sering dilakukan.

Sebagai contoh, mengatur waktu belajar akan membuat siswa jauh lebih disiplin dalam menyelesaikan tugas tepat waktu. Sehingga pekerjaan dan waktu belajar akan tetap terarah dan dapat dialokasikan sebaik mungkin.

Bagaimana cara mengatur waktu?

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk bisa mengatur waktu. Berikut contoh kunci jawaban materi tema 3 kelas 6 mengenai cara mengatur waktu yang dikutip dari buku 7 Formula untuk Menjadi Individu yang Sukses (2004) karya Danial Zainal Abidin serta buku Bimbingan Pribadi-Sosial, Belajar, dan Karier (2004) oleh Rudi Mulyatiningsih dan kawan-kawan, yaitu:

  • Tentukan hal apa yang ingin diutamakan

Agar bisa mengatur waktu, ada baiknya untuk mencari tahu dan menentukan terlebih dahulu hal apa yang ingin dikerjakan terlebih dahulu. Sebagai catatan, daftar hal yang akan diutamakan ini dapat berubah sewaktu-waktu tergantung situasi dan kondisi.

Contohnya siswa ingin mengerjakan tugas Matematika terlebih dahulu, karena waktu pengumpulannya sudah dekat.

Baca juga: Alasan Seorang Pelajar Wajib Mengumpulkan Tugas Tepat Waktu

  • Susunlah rencana kegiatan yang ingin dilakukan

Setelah menentukan hal apa yang ingin dikerjakan, susunlah rencana atau daftar kegiatan selanjutnya. Tujuannya agar kegiatan yang akan dilakukan dapat menjadi lebih terarah.

Contohnya setelah menyelesaikan tugas Matematika, siswa ingin belajar mata pelajaran TIK, mengerjakan tugas IPA, dan lain sebagainya.

  • Tetapkan jadwal dan waktunya

Agar lebih terarah, setelah menyusun daftar rencana, buatlah jadwal beserta waktunya. Hal ini dilakukan supaya tidak mudah lupa dan tetap fokus pada hal yang akan dikerjakan.

Contohnya dari pukul 07.00 hingga 12.00 waktunya belajar di sekolah, mulai dari jam 13:00-14:00 waktunya istirahat di rumah, pukul 15:00-16:00 waktunya mengerjakan tugas rumah, dan seterusnya.

  • Fokuslah pada hal yang akan dilakukan

Kunci kesuksesan mengatur waktu tidak hanya terletak pada jadwal yang telah disusun, melainkan juga membutuhkan sikap fokus dan niat. Tanpa kedua hal ini, rencana kegiatan yang telah dirancang tidak akan berjalan baik.

Fokus berarti tertuju pada hal yang akan diutamakan. Sedangkan niat berarti kemauan untuk melaksanakan kegiatan sesuai waktu yang telah ditentukan.

Baca juga: Sikap Tanggung Jawab Menggunakan Televisi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com